Seleksi Pertama Olimpiade KMI 2024

Seleksi Pertama Olimpiade KMI 2024

Raudhah (17/2/2024). Olimpiade KMI merupakan kegiatan tahunan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang diadakan guna untuk mengasah dan mengembangkan kecerdasan intelektual santri/wati, perlombaan ini diikuti oleh santri/wati dari kelas 1-5 KMI.

Olimpiade KMI membagi peserta ke dalam 2 golongan, yaitu tingkat junior (kelas1-3 KMI) dengan materi perlombaan Hadis, Hisab dan IPA dan tingkat Senior (kelas 4-5 KMI) dengan materi perlombaan Bahasa Inggris, Fisika, Ilmu Kalam, Sosiologi, Shorof dan Fathul Mu’jam Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 17 Februari- 7 Maret 2024/ 7 Sya’ban 1445- 26 Sya’ban 1445, yang diawali dengan babak penyisihan pertama, babak penyisihan kedua dan babak final.  

Total Peserta Olimpiade KMI pada seleksi pertama berjumlah 1.452 santri/wati dengan rincian sebagai berikut

1.PUTRA

Junior: 540 Peserta

Senior: 217 Peserta

2. PUTRI

Junior: 381 Peserta

Senior: 314 Peserta

Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dan Art Expo 2024

Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dan Art Expo 2024

Raudhah (16/2/24). Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah menggelar upacara pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dan Art Expo 2024 pada 16 Februari 2024/ 6 Sya’ban 1445. Porseni pada tahun ini diisi dengan berbagai perlombaan olahraga dan seni yang melibatkan seluruh klub berisikan para santri/wati berenergi dan kreatif. Rencananya PORSENI dan Art Expo 2024 ini akan berjalan selama sepekan mulai Jum’at, 15 Februari 2024 sampai Jum’at, 23 Februari 2024/ 13 Sya’ban 1445. Menariknya, JQH Exhibition juga meramaikan kompetisi ini dengan melampirkan beberapa perlombaan yang telah ditentukan.

Cabang perlombaan yang ada di kompetisi ini antara lain karate, silat, voli, basket, badminton, bola kaki, senam, biola, tari, kaligrafi, tilawah Al-Qur’an, tahfizh Al-Qur’an, Syarhil Al-Qur’an dan beberapa cabang olahraga dan seni lainnya.

Pembukaan porseni dilaksanakan di dua tempat terpisah yang bertempat di depan gedung serbaguna bagi santri dan lapangan hijau belakang gedung Khadijah bagi santriwati. Wakil Direktur beserta Asatidzah juga turut hadir dalam upacara pembukaan tersebut.

Harapannya, melalui kegiatan ini Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dapat melahirkan atlit dan seniman santri yang hebat dan taat yang mempunyai sikap jujur, bertanggung jawab, dan saling menghargai serta menghormati.

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah

Raudhah (12/2/2024). Menambah wawasan guru perihal kurikulum merdeka, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. Acara ini dimulai pada Senin, 12 Februari 2024/ 2 Sya’ban 1445 hingga Selasa, 13 Februari 2024/ 3 Sya’ban 1445. Peserta yang mengikuti workshop ini merupakan Asatizah Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang berjumlahkan 80 Peserta. Pukul 07.30 WIB, acara pun dibuka oleh pembawa acara, yang selanjutnya beralih ke sambutan Direktur Pesantren— al-Ustadz KH. Solihin Adin, S.Ag., MM., dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama RI Kota Medan— al-Ustadz Yose Rizal, S.Ag, MM.

Pasca pembukaan secara simbolis, workshop ini dibuka dengan materi pertama mengenai penyusunan capaian pembelajaran yang disampaikan oleh saudari Khairun Nisa, S.Pd., M.Pd. Beliau selaku pemateri pertama bersama pemateri lainnya yakni Muhammad Nur Eddy, S.Ag., M.Si., dan Dra. Nur Ammi Zaida., M.Pd.

Tiap harinya, kegiatan ini akan berlangsung selama 9 jam— 07.30-16.00 WIB. Di mana pemberian materi terbagi menjadi 3 sesi yang disisipi dengan coffee break. 1 sesi materi berdurasi sekitar 90 menit, yang mana di dalamnya terdapat diskusi dan penjelasan yang bermanfaat bagi para peserta. Tidak hanya itu, cara penyampaian materi pun bervariatif sehingga suasana ruangan menjadi aktif dan kreatif.

Kunjungan Syeikh Abdul Fattah al-Wajih

Kunjungan Syeikh Abdul Fattah al-Wajih

Raudhah (12/2/24). Senin siang, 12 Februari 2024/ 2 Sya’ban 1445, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah mendapatkan kunjungan istimewa yakni Syekh Abdul Fattah al-Wajih. Beliau merupakan pengajar aktif di Darul Musthafa dan Institut Dar Ghuraba, Tarim Hadhramaut, Yaman. Beliau juga merupakan alumni pascasarjana bidang ilmu hadis dan sunnah di Universitas Sewun Hadhramaut, Yaman. Selain dari bidang akademik, beliau pun menempuh pendidikan non akademiknya bersama beberapa para ulama’, di antaranya ialah al- Habib Hasan bin Abdullah asy-Syatiri, al-Habib Muhammad bin Abdullah al-Haddar, al-Habib Salim bin Abdullah asy-Syatiri, al-Habib Ali al-Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, Syekh Muhammad bin ‘Ali al-Khotib, Syekh Muhammad bin Ali Ba’audlon, dan seterusnya.

Syekh Abdul Fattah al-Wajih beserta rombongan hadir di bumi wakaf Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah pada pukul 14.00 WIB. Penyambutan hangat dilakukan oleh Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah— al-Ustadz KH. Solihin Adin, S.Ag., MM., Wakil Direktur Pesantren yakni al-ustadz Carles Ginting, BHSc., M.I.Kom., dan al-Ustadz H. Miftakhuddin, SS., S.Pd., MM., bersama Sekretaris Umum Pesantren— al-Ustadz H. Habibie Sembiring Meliala, Lc., M.Pd., juga beberapa Asatidzah yang bertugas.
Para rombongan diajak terlebih dahulu untuk beramah-tamah di Kantor Kedirekturan, kemudian sebelum menunaikan ibadah shalat ashar, Syekh Abdul Fattah al-Wajih ditemani oleh Keluarga Besar Pesantren memberikan tausiyah di depan seluruh santri kelas 1-6 KMI. Menggunakan bahasa Arab sebagai pengantar dalam penyampaian tausiyah membuat para santri begitu serius tatkala menyimak untaian kalimat dari Syekh Abdul Fattah al-Wajih.

Selanjutnya, kegiatan diakhiri dengan pemberian cendramata oleh Keluarga Besar Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah kepada Syekh Abdul Fattah al-Wajih dan sesi foto bersama seluruh santri.

Perfotoan Santri/wati Kelas 1-5 KMI

Perfotoan Santri/wati Kelas 1-5 KMI

Raudhah (11/2/2024). Memasuki penghujung tahun pelajaran 2023/2024, seluruh santri/wati kelas 1 KMI sampai dengan 5 KMI Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan mengadakan perfotoan bersama dengan para wali kelasnya. Perfotoan kelas tersebut diadakan pada hari Jum’at (9/2) untuk putri dan hari Sabtu (10/2) untuk putra mulai dari pukul 07.30 hingga selesai.
Agenda diawali dengan perfotoan bersama dengan Direktur Ustadz KH. Solihin Adin, S.Ag., M.M., Wakil Direktur Ustadz Carles Ginting, BHSc., dan Ustadz H. Miftakhuddin, S.S., S.Pd.I., M.M., Bapak-bapak Kepala Bidang serta beberapa Asatidzah. Lalu kegiatan tersebut dilanjutkan dengan perfotoan bersama dengan teman sekelas dan wali kelas masing-masing.

Adapun beberapa tempat yang digunakan untuk perfotoan Putri yaitu depan Gedung Fatimah, depang Gedung Rabiah Adawiyah, depan Gedung Ruqayyah, depan Gedung Hafsah, dan samping Gedung Aisyah. Sedangkan beberapa tempat yang digunakan untuk perfotoan Putra yaitu sisi barat Masjid Pesantren, sisi timur Masjid Pesantren, depang Gedung Al-Azhar, depan Gedung Serba Guna, depan Gedung Al-Jihad, depan Gedung Ramadhan, dan depan Gerbang Utama Pesantren
Masing-masing kelas menyiapkan background perfotoan yang sebagus-bagusnya dalam kegiatan tersebut. Tentunya ini menjadi momen yang tepat bagi para santriwati untuk memupuk kebersamaan dengan teman maupun wali kelas.

Ada sebuah ungkapan yang berkenaan dengan foto dan maknanya; foto adalah cara di mana kita merasa, menyentuh, dan mencintai. Apa yang telah ditangkap oleh kamera akan mengingatkan kita tentang hal-hal kecil setelah kita lupa segalanya.

Memperingati Isra’ Mi’raj 1445 H

Memperingati Isra’ Mi’raj 1445 H

Raudhah (9/2/2024). Memasuki akhir bulan rajab umat Islam akan memperingati Isra’ Mi’raj. Peringatan Isra’ Mi’raj kali ini jatuh pada tanggal 8 Februari 2024, bertepatan pada 27 Rajab 1445. Isra’ Mi’raj mengandung sejumlah hikmah yang sangat dalam yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Jadi Isra’ Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah hingga masjid al-Aqsha di Palestina dan terus naik menghadap Allah SWT hingga sampai batas terjauh yaitu Sidratul Muntaha. Dalam hal ini Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah melaksanakan kegiatan berupa pemberian tausiah kepada seluruh santri/wati.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari secara bergantian yakni pada Kamis, 8 Februari 2024/ 28 Rajab 1445 (putra), sedangkan putri dilaksanakan pada Jum’at, 9 Februari 2024/ 29 Rajab 1445. Adapun kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Isra’ Mi’raj di tahun ini dan menambah wawasan santri mengenai topik kejadian tersebut beserta hikmah- hikmah yang terselubung di dalamnya.

PERAKAJUM (Perkemahan Rabu, Kamis dan Jum’at) Santri

PERAKAJUM (Perkemahan Rabu, Kamis dan Jum’at) Santri

Raudhah (9/2/24). 3 hari telah terlewati dengan kegiatan perkemahan di desa sugau-Kampus 3 Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan santri kelas 3 Intensif dan 4 KMI yang dibimbing oleh panitia kelas 5 KMI beserta Asatidz. 3 hari tersebut dimulai dari Rabu hingga  Jum’at, 27-29 Rajab 1445/ 7-9 Februari 2024, sehingga kegiatan ini disebut dengan PERAKAJUM (Perkemahan Rabu, Kamis, dan Jum’at).

Rentetan acaranya bervariatif yang menunjukkan kegiatan ini sangat disukai oleh para santri. Mulai dari pembukaan secara resmi oleh Kepala Bidang Pengasuhan putra, pemasangan tenda perkemahan di bumi wakaf desa sugau, permainan untuk melatih kreativitas dan mentalitas, tadabbur alam atau cross country, senam pagi, malam unggun dan ditutup dengan upacara pentupan secara resmi. Maka tak heran, selain menyenangkan terdapat juga Pendidikan yang bermanfaat bagi mereka.

Long March Pencak Silat dan Karate Raudhah 2024

Long March Pencak Silat dan Karate Raudhah 2024

Raudhah (8/2/2024). Anggota pencak silat dan karate Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah mengikuti ujian kenaikan tingkat pada tanggal 8-9 Februari 2024/ 28-29 Rajab 1445. Diawali dengan upacara pembukaan oleh Kepala Seksi Bimbingan dan Konseling Putra, al-Ustadz Mhd. Adiyani Sembiring, S.Pd.I., di Gedung Serbaguna. Tidak hanya beliau, Musyrif Olahraga Pesantren beserta para pelatih juga ikut mendampingi guna membuka program Pendidikan tersebut. Para santri pun yang menjadi peserta mengenakan pakaian seragam ketika mengikuti upacara.

Setelah pembukaan usai, para peserta yang didampingi oleh Asatidz dan pelatih melakukan perjalanan sejauh 15 Km mengarah ke Kampus 3 Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yakni desa Sugau Pancur Batu Deli Serdang. InshaAllah Setibanya di bumi perkemahan Raudhah Sugau, seluruh peserta longmarch melaksanakan sholat Ashar berjamaah dan persiapan untuk Ujian Kenaikan Tingkat. Hingga menjelang shalat Jum’at (9/2), seluruh peserta mengikuti beragam materi ujian fisik dan keterampilan beladiri sebagai syarat kenaikan tingkat.

Perkemahan Rabu, Kamis dan Jum’at (PRAKAJUM) 2024

Perkemahan Rabu, Kamis dan Jum’at (PRAKAJUM) 2024

Raudhah (7/2/2024). Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan 06-195 mengadakan upacara pelepasan santri kelas 3 Intensif dan 4 KMI dalam mengikuti agenda Prakajum (Perkemahan Rabu, Kamis, dan Jum’at). Upacara tersebut terlaksanakan pada Rabu, 27 Rajab 1445/ 7 Februari 2024 di Lapangan Hijau Pesantren. Pukul 14.00 WIB, upacara pun dimulai hingga selesai.

Al-Ustadz Suroso, S. E. menjadi pembina upacara pelepasan tersebut memberikan wejangan khusus untuk seluruh santri peserta Prakajum. Beliau memberikan pesan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Pendidikan di Pesantren yakni Pendidikan mental. Hal tersebut juga pernah disampaikan sebelumnya oleh direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah mengenai pendidikan di Pesantren, yaitu Pendidikan di Raudhah tidak hanya akademis tapi juga keterampilan bahkan Pendidikan mental.

Usai upacara pelepasan, peserta prakajum pun segara berangkat menuju lokasi perkemahan di desa sugau-pancur batu atau kampus 3 Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Mereka juga ditemani beberapa Asatidzah yang membimbing hingga kegiatan tersebut selesai. Direncanakan, perkemahan berlangsung selama 3 tiga hari mulai Rabu hingga Jum’at, 27-29 Rajab 1445/ 7-9 Februari 2024.

Pondok Pesantren Terpadu Raudhatul Jannah-Subulussalam berkunjung ke bumi wakaf Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Pondok Pesantren Terpadu Raudhatul Jannah-Subulussalam berkunjung ke bumi wakaf Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Raudhah (6/2/2024). Senin, 6 Februari 2024/ 25 Rajab 1445, para rombongan Pondok Pesantren Terpadu Raudhatul Jannah-Subulussalam berkunjung ke bumi wakaf Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Hadir pada pukul 07.30 WIB, langsung disambut hangat oleh Asatidzah yang bertugas dalam penyambutannya. Para rombongan berjumlahkan 87 orang, di antaranya: 2 Ustadz, 11 Ustadzah, 11 pembawa mobil, 63 santriwati. Tatkala berada di Pesantren ini, mereka langsung menuju ke aula pertemuan Gedung Hafsah Lt. 3 guna mengawali agenda kegiatan silaturahmi.

Wakil Direktur Pesantren, al-Ustadz K.H. Miftakhuddin., SS., S.Pd.I., MM., turut hadir untuk menyampaikan ucapan selamat datang kepada para tamu sekaligus berdiskusi ringan. Beliau juga menyampaikan perihal profil singkat Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, semisalnya visi Pesantren, misi Pesantren, tujuan, kurikulum KMI (Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah), orientasi Pendidikan yang ada di bumi wakaf Pesantren ini, falsafah dan lainnya.

Selepas pertemuan antara kedua lembaga Pendidikan Islam tersebut dengan ditandai adanya saling memberi cendramata, para santriwati langsung berdiskusi perihal organisasi bersama OPRH (Organisasi Pelajar Ar-Raudlatul Hasanah) putri. Begitu juga dengan para guru, di mana mereka pun berdiskusi ringan mengenai sistem manajemen Pendidikan yang ada di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah bersama Asatidzah yang telah ditentukan. Selama kurang lebih satu jam diskusi berlangsung membuat adanya kepuasan yang terlihat di wajah para rombongan. Hal ini dikarenakan tujuan dari kunjungan ini adalah stadi banding mengenai keorganisasian dan manajemen Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

Pukul 14.00 WIB, para tamu berpamitan untuk melanjutkan perjalanan mereka ke Istana Maimun Medan.