Semarak Hari Raya Idul Adha 1445 H

Semarak Hari Raya Idul Adha 1445 H

RAUDHAH – Perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024/10 Dzulhijjah 1445 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah didahului dengan takbiran yang berkumandang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, hari raya Idul Adha kali ini tidak diramaikan dengan para santri/wati. Hal ini dikarenakan mereka masih dalam masa liburan di rumah masing-masing.

Selanjutnya Keluarga Besar Pesantren bersama masyarakat sekitar melaksanakan shalat Idul Adha berjama’ah. Adapun yang bertindak sebagai imam Al-Ustadz Mar’an Sabuqi Siregar, S.Fil.I., M.Pem.I. Sedangkan yang menjadi Khatib adalah Al-Ustadz H. Fathurrahman, S.Ag., MM.

Seusai shalat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang terdiri dari 10 ekor lembu dan 6 ekor kambing. Hewan kurban tersebut merupakan kurban dari para guru, santri, wali santri, dan keluarga serta warga sekitar Pesantren.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di lapangan parkir putri oleh guru-guru Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Sebahagian daging kurban dikemas dan didistribusikan kepada guru, karyawan dan keluarga serta warga sekitar Pesantren.

Ujian Semester Genap Berakhir, Hadirlah Liburan Bagi Seluruh Santri/wati

Ujian Semester Genap Berakhir, Hadirlah Liburan Bagi Seluruh Santri/wati

Selapas ujian semester genap T.P. 2023-2024 berakhir, seluruh santri/wati Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah memasuki tahap liburan semester.

Liburan ini dimulai pada Sabtu, 15 Juni 2024/ 8 Dzulhijjah 1445, namun sebagian santri/wati melalui konsulat kembali ke kampung halamannya mulai Jum’at malam (14/6).  Hal ini dikarenakan konsep perpulangan dilaksanakan seperti liburan Ramadhan yang lalu.

Perpulangan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada Jum’at Malam (14/6) bagi santri/wati yang berangkat secara rombongan bersama konsulat-konsulat yang telah ditentukan. Konsulat tersebut ialah Asahan, Labuhan Batu, Aceh Tanggara, Tapanuli Selatan, dan Aceh Singkil.

Sabtu Pagi (15/6), para wali santri/wati berduyun-duyun hadir ke Pesantren untuk menjemput ananda tercinta. Meskipun kepadatan yang disebabkan oleh kendaraan terjadi, namun proses perpulangan ini berjalan sesuai yang diharapkan.

Para santri/wati akan kembali hadir ke Pesantren sesuai jadwal yang ditentukan. Jadwal tersebut yaitu; (1) Santri/wati kelas 5 KMI pada tanggal 20 Juni 2024/ 13 Dzulhijjah 1445, (2) Santri/wati naik kelas 5 KMI pada tanggal 1 Juli 2024/ 24 Dzulhijjah 1445, (3) Santri naik kelas 2, 3, 3 Int, 4 kembali pada 4 Juli 2024/  24 Dzulhijjah 1445, dan (4) Santriwati naik kelas 2, 3, 3 Int, 4 kembali pada 5 Juli 2024/ 28 Dzulhijjah 1445.

Perpulangan santri/wati bukan hanya sekedar liburan, akan tetapi mereka harus senantiasa melakukan amal-amal yang bermanfaat seperti yang diungkapkan pada etiket menjelang liburan kemarin. Sebagaimana nasehat dan pesan dari Asatidz bahwa tatkala berlibur untuk terus menjaga ibadah, bermuamalah dengan sanak keluarga hingga masyarakat dengan baik, membantu orangtua, dan lainnya.

Toefl Workshop and Prediction Test for Raudhah’s Teachers

Toefl Workshop and Prediction Test for Raudhah’s Teachers

RAUDHAH – Bidang Pendidikan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah mengadakan salah satu programnya untuk mengembangkan kemampuan dan pengatahuan Asatidzah di akhir tahun pelajaran 2023-2024.

Program tersebut adalah ‘Toefl Workshop and Prediction Test for Raudhah’s Teachers’ yang memiliki tema ‘uplifting teacher’s English competency for the better teaching’. Program ini juga merupakan hasil kerjasama antara Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dengan lembaga kursus bahasa Inggris yakni The Language Access.

Sejumlah 52 Asatidzah mengikuti program ini yang dimulai pada Sabtu hingga Ahad, 9-10 Juni 2024/ 2-3 Dzulhijjah 1445 di Aula Pertemuan Hafsah Lantai 3.

Ahad (9/6), agenda diisi dengan workshop yang diisi oleh Elnoviamy sebagai narasumber. Ia merupakan lulusan dari University College London – Masters of Learned Curriculum, Pedagogy, Assessment. Ia pun antusias dalam menyampaikan materi hingga mengungkapkan kesan baik yang didapatkan setelah pemaparan materi kepada peserta. Tak hanya itu, ia juga berharap kerjasama antar Pesantren dan lembaga kursus tersebut terus berlanjut dan semakin meningkatkan nilai positif terhadap kualitas Asatidzah.

Senin (10/6), kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian toefl bagi Asatidzah yang berjumlah 52 peserta. Ujian dimulai pukul 13.00 hingga 15.15 WIB yang diawasi langsung oleh Elnoviamy selaku Direktur dan pendiri The Language Access.

Seleksi Calon Santri Kader Karo Angkatan Ke-1

Seleksi Calon Santri Kader Karo Angkatan Ke-1

RAUDHAH – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah kembali memberikan kesempatan kepada putra-putri asal Kabupaten Karo untuk mengikuti program beasiswa Kader Karo.

Mereka yang diterima mengikuti program ini mendapatkan pembebasan uang pendaftaran dan iuran bulanan hingga tamat dengan beberapa ketentuan dan siap melaksanakan pengabdian masyarakat di tempat yang ditentukan.

Ujian seleksi ini dilaksanakan pada Ahad, 9 Juni 2024/ 2 Dzulhijjah 1445 di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudlatul Hasanah, Simpang Pergendangen, Tigabinanga, Karo. Ujian tersebut diikuti sebanyak 7 peserta dari tamatan SD, yang meliputi 1 putra dan 6 putri. Mereka diuji oleh 3 Asatidz yang diamanahkan Pesantren yaitu Al-Ustadz Syahrial Zulkapadri, Al-Ustadz Muhammad Bisath Rusydi, dan Al-Ustadz Miswan.

Adapun materi yang diujikan pada tahap seleksi adalah tes praktek yang meliputi atas membaca Al-Qur’an, ibadah, tes tulisan/ menulis Arab (imla’), bahasa Indonesia dan matematika.

Khataman Siswa/i PAUD Ar-Raudlatul Hasanah Angkatan ke-17

Khataman Siswa/i PAUD Ar-Raudlatul Hasanah Angkatan ke-17

RAUDHAH – Melalui Seksi Pendidikan Luar Pesantren, PAUD Ar-Raudlatul Hasanah menggelar khataman siswa/i PAUD angkatan ke-17 pada Jum’at, 7 Juni 2024/ 30 Dzulqa’dah 1445. Acara ini dilaksanakan di Aula Hafsah Lantai 3 yang dihadiri oleh Direktur Pesantren Al-Ustadz KH. Solihin Adin, Kepala Seksi Pendidikan Luar Pesantren Al-Ustadz Aam Aminudin, Kepala Sub PAUD Al-Ustadzah Sri Mayang Asri Yoga, S.Pd, para walisiswa/i, dan para peserta khataman PAUD 2024 angkatan ke-17.

Pada tahun ini, ada sejumlah 18 siswa/i yang akan mengakhiri pendidikannya di PAUD Ar-Raudlatul Hasanah. Mereka adalah Airlangga S. Keloko, Assyifa Asril Aziyu, Aysila Husna Hidayat, Khanza Hifza Adzkiya Br. Sembiring, Habib Uwais Al-Qarni Sinaga, Haura Fitriyah Arifin, Maryam Syamila Al-Hafizha Hasibuan, Muhammad Amjad Arsalan, Muhammad Haziq Hazem, Muhammad Izzulhaq Rabbani, Muhammad Rizky Ginting, Muhammad Sajid Siregar, Muhammad Zayyad Arsyadi Siregar, Nadhira Mufida Adzkia, Nose Fitriani Rehulina, Sayla Adzkia Naura,  Shaumi Azkia Mufid, dan Zain Malik Athallah.

Selanjutnya, resepsi khataman PAUD ini diisi dengan beragam acara yang dibawakan langsung oleh para siswa/i PAUD angkatan ke-17. Semisalnya tarian yang bervariasi, puisi, drama dan dilanjutkan dengan janji siswa/i PAUD serta penyerahan piagam sebagai penanda lulusnya pendidikan mereka di PAUD Ar-Raudlatul Hasanah.

“Kita bersyukur PAUD Ar-Raudlatul Hasanah terus melaju ke arah yang baik, menamatkan siswa/i hingga tahun ini (angkatan ke-17). Terima kasih kepada para pengurus dan guru PAUD yang terus berjuang dan memberikan pendidikan yang terbaik buat anak-anak kita.” Ucapan Direktur dalam sambutannya.

Seusai acara berlalu, para wali bersama anaknya mengambil gambar bersama sebagai kenangan indah bagi keluarganya.

Penyerahan Penghargaan Madrasah Terbaik dalam Pemutakhiran Data Semester Ganjil.

Penyerahan Penghargaan Madrasah Terbaik dalam Pemutakhiran Data Semester Ganjil.

Penyerahan Penghargaan Kepada 10 Madrasah terbaik dalam Pemutakhiran data Semester Ganjil, oleh Bapak Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah, Bapak H. Julsukri Mangandar Limbong, S.Ag., M.M.
Alhamdulillah dalam hal ini Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut mendapat penghargaan tersebut yaitu:

  1. Pada tingkat Madrasah Tsanawiyah Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut mendapatkan Peringkat Pertama se-Kabupaten Tapanuli Tengah.
  2. Pada tingkat Madrasah Aliyah Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut mendapatkan Peringkat Kedua se-Kabupaten Tapanuli Tengah.

Bapak Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah dan Bapak Kepala Sekolah Madrasah Aliyah yang hadir langsung di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah. Penghargaan ini dilihat dan dipantau dari kelengkapan Residu data dan BAP Emis persemester.

Semoga kepercayaan ini bisa terjaga selalu dan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut semakin maju, sukses dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Ujian Tulis Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024.

Ujian Tulis Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024.

Ujian Tulis Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024 Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut.
Diawali dengan Upacara Pembukaan di Lapangan Bola Basket oleh seluruh asatidzah, santri dan santriwati.

Bapak Direktur sebagai Pembina Ucapara memberi nasihat kepada santri dan santriwati agar membagi waktu sebaik mungkin baik dalam belajar, ibadah, maupun istirahat nya. Ujian adalah sebagai pembelajaran/menguji mental santri/wati.

Ujian tulis ini akan dilaksanakan selama 2 Minggu mulai Sabtu 1 Juni 2024 sampai Kamis 13 Juni 2024 dan bertempat di 2 Gedung yaitu Putra di Gedung Mekah dan Putri di Gedung Khodijah. Adapun pelajaran yang diujikan secara bergilir antara 1, 2, ataupun 3 pelajaran perharinya. Dalam pengerjaan Jawaban Ujian, dilaksanakan selama 90 menit per lesnya. Yang menjadi Pengawas Ruangan ialah dari kalangan ustadz dan ustadzah.

Ujian Tulis Semester Genap T.P. 2023/2024

Ujian Tulis Semester Genap T.P. 2023/2024

RAUDHAH- Sabtu, 1 Juni 2024/ 24 Dzulqa’dah 1445, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah mengadakan ujian tulis semester genap T.P. 2023-2024. Seluruh santri/wati yang menjalani ujian ini pun wajib mengikuti upacara pembukaan bersama Asatidzah.

Upacara diadakan secara terpisah antara santri dan santriwati. Kedua tempat tersebut ialah halaman Masjid Pesantren (Santri) dan halaman Gedung Rabiah Adawiyah (Putri).

Direktur dan Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah selaku pembina upacara juga memberikan nasehat kepada santri/wati sebelum menghadapi ujian. Setidaknya ada beberapa poin penting yang terkutip, diantaranya adalah santri diharuskan senantiasa berusaha dan belajar dengan baik. Begitupun do’a yang tidak boleh ditinggalkan sehingga hasil yang didapatkan menjadi keberkahan.

Setelah upacara selesai, seluruh santri/wati menuju ke ruangan ujian masing-masing. Dimana, setiap kelas diawasi oleh 2-3 ustadz/ah selama kurang lebih 3 jam. Setiap ruangan juga diisi oleh kurang lebih 39 peserta dengan tingkatan yang berbeda-beda.

Ujian tulis ini dijadwalkan akan berlangsung selama 12 hari (1-13/6/24). Kemudian, setiap mata pelajaran, para santri/wati diberikan waktu 90 menit untuk menuntaskan jawabannya. Adapun waktu ujian tulis dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga 11.00 WIB.

Upacara Pembukaan Pendaftaran Calon Santri/wati T.P. 2024/2025

Upacara Pembukaan Pendaftaran Calon Santri/wati T.P. 2024/2025

RAUDHAH- Sabtu, 1 Juni 2024/ 24 Dzulqo’dah 1445 tepat pukul 08.00 wib, pendaftaran calon santri/wati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah resmi dibuka.

Prosesi pendaftaran, melengkapi persyaratan dan mengisi formulir secara online yang dapat diakses pada www. raudhah.ac.id.

Pembukaan pendaftaran diawali dengan kegiatan upacara ceremonial yang dihadiri oleh Pimpinan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Direktur Pesantren, Wakil Direktur, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), Kepala Bidang, Asatidz dan seluruh panitia penerimaan santri/wati baru T.P. 2024/2025.

Setelah upacara ceremonial dilaksanakan, Bapak Ir. H. Achmad Prana Rulianto Tarigan selaku Pimpinan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah membuka secara resmi pendaftaran via online bersama Direktur, Wakil Direktur dan seluruh Kepala Bidang.

Sesuai dengan statistik pendaftaran santri/wati baru pertanggal 1 Juni 2024 terdata sejumlah 117 pendaftar.

Selanjutnya, informasi mengenai pendaftaran calon santri/wati baru dapat menghubungi panitia melalui WA/HP. 0821 6000 800.

Belajar Malam dalam menghadapi Ujian

Belajar Malam dalam menghadapi Ujian

Belajar Malam santri dan santriwati semasa Ujian Lisan yang dilaksanakan keseluruhannya di Mesjid Baitul Mughni.

Belajar malam ini sudah terlaksana selama 10 hari. Dimulai dari setelah isya sampai jam 21.30 WIB. Adapun belajar malam putra di lantai 1 dan belajar malam putri di lantai 2. Bagi ustadz dan ustadzah juga diwajibkan agar hadir pada belajar malam ini agar, jikalau ada dari santri dan santriwati yang kurang paham dan ingin bertanya, langsung mendatangi ustadz dan ustadzah tersebut. Belajar malam juga kita sebut Muajjah dalam Bahasa Arab. Santri dan santriwati juga dapat menemukan cara belajar mereka secara individual. Ada yang menghafal dengan diam/cukup menghafal didalam hati, bersuara keras, di tempat sepi, dan lain-lain.

Dalam belajar malam ini juga ada peraturan dan disiplin nya. Di awali dengan berdoa bersama kemudian menuju ke tempat-tempat perkelas yang sudah di tetapkan.