Raudhah (10/12/19). Sejak awal pembelian pada tahun 2012, Tanah wakaf Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang terletak di Dusun Lau Macem, Desa Sugau, Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara terus mengalami perkembangan, perluasan serta pemerataan lahan masih terus dilakukan.

Alhamdulillah, setelah sebelumnya sejak pembelian Pesantren masih menggunakan lahan masyarakat sebagai akses masuk, pada pertengahan November 2019, Pesantren berhasil membebaskan lahan seluas kurang lebih 1,1 hektare seharga Rp.400.000.000,- yang dicicil pembayarannya selama 6 tahun. Tambahan lahan baru ini akan difungsikan sebagai akses masuk dari jalan lintas Medan-Berastagi ke dalam lahan Pesantren yang telah ada.

Saat ini, satu unit dozer, excavator, dan dumptruck sibuk bekerja merobohkan pohon-pohon sawit serta meratakan lahan yang konturnya berbukit-bukit.

Semenjak pembelian, lahan Sugau digunakan sebagai bumi perkemahan kepramukaan santri dan sebagian lainnya ditanami beberapa jenis sayuran dan buah-buahan.

Sebagai program jangka panjang, lahan Sugau merupakan aset penting bagi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Hal tersebut mengingat letaknya yang tepat berada di pinggir lintas Medan dan kota wisata dataran tinggi Berastagi, serta guna menampung kepercayaan dan amanah umat Islam dalam menyokong Kampus 1 Medan yang setiap tahun ajaran baru tak dapat menerima 500 hingga 700 calon santri disebabkan keterbatasan ruang asrama dan kelas.

Pesantren juga mengajak kaum muslimin dan para muhsinin untuk sama-sama berjuang dan turut ambil bagian mewakafkan hartanya di jalan Allah dalam pembebasan dan pelunasan lahan yang baru dibeli. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Humas Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

Chat Via WhatsApp