Raudhah (19/11/22). Bersamaan dengan masa ujian awal tahun bagi para santri kelas 1-5 KMI Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah sekarang, Santri/wati akhir KMI juga mencurahkan konsentrasi pada ujian yang mereka hadapi. Tepat pada hari Sabtu (19/11), ujian tulis gelombang pertama santri/wati akhir KMI resmi dimulai. Akan tetapi, sebelum memulai ujian mereka terlebih dahulu mengikuti upacara pembukaan yang diadakan secara terpisah bersamaan dengan santri/wati kelas 1-5 KMI yaitu untuk putra berada di halaman depan Masjid sedangkan putri berada di halaman depan Gedung Rabiah Adawiyah.

Jumlah keseluruhan santri/wati akhir KMI yang mengikuti ujian tulis gelombang pertama adalah 536 santri/wati terdiri dari 212 santri dan 324 santriwati. Adapun tempat pelaksanaan ujian gelombang pertama tersebut diadakan secara terpisah juga yaitu untuk putra berada di Gedung Serba Guna sedangkan putri berada di Aula Gedung Fatimah Lt.3.

Ujian tulis gelombang pertama santri/wati akhir KMI berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai hari Sabtu (19/11) sampai dengan hari Kamis(1/12). Adapun mata pelajaran yang diujikan pada ujian tulis santri/wati akhir KMI pada gelombang pertama diantaranya yaitu: Tarikh Islam, Kimia, Geografi, Dinul Islam, Adyan, Faraidh, Biologi, Sosiologi, Matematika, Mahfuzhat, Bahasa Indonesia, Tamrinat Al-Lughah Al-‘Arabiyah, Al-Qur’an wa At-Tajwid, Berhitung, Shorof, dan lainnya.

Selama berlangsungnya masa ujian tulis gelombang pertama, muwajjah (belajar malam) seluruh santri/wati akhir KMI berada di tempat yang telah ditentukan yaitu putra di Gedung Serba Guna dan putri di Gedung Fatimah Lt.3. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para wali kelas dalam membimbing dan mengawasi proses belajar santri/wati a khir KMI selama masa ujian. Selama masa ujian, santri/wati akhir KMI diharapkan mampu mengoptimalkan waktu yang mereka  punya untuk memahami seluruh pelajaran yang akan diujikan di ujian tulis gelombang pertama ini.

Chat Via WhatsApp