Raudhah (12/11/22). Ujian semester pertama resmi dimulai. Ujian di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah ini dibagi menjadi dua tahapan, yaitu Ujian Lisan dan Ujian Tulis. Ujian lisan yang diikuti oleh para santri/wati kelas 1-5 KMI ini merupakan tahapan awal yang sedang mereka hadapi untuk mencapai ujian tulis di akhir nantinya, dan juga menandakan bahwasanya semester pertama pada tahun pelajaran 2022/2023 ini akan segera usai.

Ujian lisan berlangsung selama 6 hari, dimulai pada hari Sabtu, 12 November 2022/17 Rabi’ul Akhir 1444 H sampai dengan hari Ahad, 17 November 2022/22 Rabi’ul Akhir 1444 H. Adapun materi yang diujikan kepada peserta ujian berupa Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Ibadah serta Al-Qur’anu-l-Karim yang disesuaikan dengan tingkatan kelas masing-masing.

Ujian lisan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengukur kecerdasan para santri, mengetahui sejauh mana pemahaman mereka terhadap ilmu yang mereka terima dalam jangka waktu satu semester, serta melatih kepercayaan diri, mengasah mentalitas mereka ketika bertemu dan berhadapan dengan para penguji yang berjumlah 3 hingga 4 orang dalam satu ruangan.

Apabila sang santri memiliki rasa percaya diri, mental yang kuat, dan persiapan yang matang, maka ia akan menyelesaikannya dengan tenang dan baik. Sebaliknya, apabila ia tidak percaya diri, merasa takut, grogi, serta merasa ragu dalam menjawab pertanyaan dari para penguji di ruangan, maka pelajaran, pemahaman, serta hafalannya bisa hilang dalam sekejap mata.

Maka kepercayaan diri dan mentalitas seorang santri sangat penting dan dibutuhkan untuk menghadapi para penguji yang dimana, setiap penguji memiliki ciri khas tersendiri dalam melontarkan pertanyaan kepada santri yang diuji kala itu. Semoga para santri diberikan kemudahan dan kekuatan oleh Allah Swt. dalam menghadapi ujian kali ini. Aamiin.

Chat Via WhatsApp