Raudlah (15/3/2020). Sebagai bentuk evaluasi terhadap hasil kegiatan belajar mengajar yang telah berlangsung selama dua bulan, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah menyelenggarakan ulangan umum di setiap tengah semester.

Ulangan umum semester genap tahun ajaran 2019/2020 dibuka dengan upacara (14/3) yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Ustadz H. Andi Wahyudi, Lc., M.A di kampus putri, dan Wakil Kepala Bidang Pendidikan Ustadz Zulfikri, S.Pd.I di kampus putra.

Dalam arahannya, Ustadz Zulfikri menyampaikan bahwa kegiatan ulangan seperti ini sejatinya merupakan wadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Hal tersebut dikarenakan selama delapan hari para santri akan bergelut dengan ilmu, mengulang-ulang pelajaran yang ia dapatkan di dalam kelas. “Al-‘ilmu nuurun wa nuurullahi laa yuhdaa lil’aashii” (ilmu bagaikan cahaya, dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang berbuat maksiat) tutup beliau di akhir sambutannya.

Pelaksanaan ulangan umum pada semester ini diikuti oleh seluruh santri dan santriwati dari kelas 1 hingga kelas 5, dilaksanakan dari tanggal 14 hingga 22 Maret 2020. Pengecualian untuk kelas 3 yang mengakhiri ulangan umumnya sampai tanggal 25 Maret. Hal tersebut dikarenakan selama tiga hari pada tanggal 16-18 Maret mereka mengikuti UAMBN-BK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer). Sehingga ketika santri lainnya selesai menghadapi ulangan umum, santri kelas 3 masih harus melanjutkan ulangannya yang mereka tinggalkan selama tiga hari.

Selama masa ulangan berlangsung, seluruh kegiatan ekstrakurikuler diberhentikan sementara waktu agar santri bisa mempersiapkan dirinya dan fokus untuk menghadapi ulangan.