Raudlah (22/07/2021). Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah sejak lama telah memegang filosofi dari moto yang berbunyi “Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah di atas dan untuk semua golongan”. Moto itu diantaranya dapat dimaknai sebagai pemersatu ragam suku, asal daerah, dan kebiasaan santri/wati yang bermukin di Pesantren. Sejalan dengan moto tersebut, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah melaksanakan sebuah acara bertajuk Aneka Ria Nusantara yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Khutbatul ‘Arsy.


Kegiatan ini dilaksanakan malam hari pada tanggal 21 Juli 2021 untuk putri, sedangkan 22 Juli 2021 untuk putra, di gedung serbaguna yang dibuka oleh Direktur Pesantren Ust. H. Solihin Adin, S.Ag., M.M. Kegiatan ini mendukung santri/wati untuk saling mengenal adat dan istiadat sesama masyarakat Indonesia guna menumbuhkan rasa cinta para santri/wati pada negara Indonesia.


Acara Aneka Ria Nusantara ini berbentuk demontrasi bahasa, dimana beberapa orang santri/wati memakai pakaian adat daerah tertentu dan berbicara dengan bahasa daerah masing-masing. Diantaranya, bahasa Melayu, Jawa, Padang, Karo, dan Aceh lengkap menggunakan pakaian adat masing-masing. Selain itu, ada juga penampilan tarian dan nyanyian daerah yang menambah acara semakin menarik.
Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, santri/wati bisa saling menghargai perbedaan adat dan istiadat dan dapat menumbuhkan rasa cinta pada negara Indonesia.

Chat Via WhatsApp