Wali Kota Medan Tinjau Vaksinasi di Ar-Raudlatul Hasanah

Wali Kota Medan Tinjau Vaksinasi di Ar-Raudlatul Hasanah

Jum’at (5/11). Wali Kota Medan, M. Bobby Afif Nasution meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Vaksinasi ini dilaksanakan di gedung serbaguna Pesantren. Adapun target vaksinasi ini difokuskan kepada para santri/wati, guru, serta karyawan, yang keseluruhannya berjumlah 2.059 orang.

Kehadiran Wali Kota Medan beserta rombongan disambut oleh Pimpinan Pesantren, Wakil Direktur, dan guru-guru di lokasi acara. Turut hadir juga dalam penyambutan tersebut Camat Medan Tuntungan, Kepala Puskesmas Tuntungan, dan Kepala Puskesmas Simalingkar. Di dalam gedung serbaguna, Wali Kota Medan turut menyapa tenaga kesehatan yang sedang bertugas, serta memotivasi santri akan pentingnya vaksin ini yang bertujuan untuk menciptakan herd immunity.

Dalam sambutannya, Wali Kota Medan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pengurus Pesantren serta santri/wati yang telah menyukseskan program vaksinasi ini, seraya berharap agar pandemi covid-19 ini segera berakhir, dan seluruh unsur bangsa dapat beraktifitas kembali secara normal.

Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah luncurkan buku ‘My Dream’

Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah luncurkan buku ‘My Dream’

Raudhah (15/10/21). Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah sukses luncurkan buku yang berjudul ‘My Dream Guidance Book Menuju Sukses’. Buku ini merupakan buku ketiga karya KH. Solihin Adin S.Ag, M.M., setelah buku pertamanya yang berjudul ‘E-Seft’, dan buku keduanya ‘Perjalanan Santri’.

Acara launching dan bedah buku tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 16 Oktober 2021 pukul 20.30 WIB di gedung pertemuan Hafshah Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Acara ini dihadiri oleh santriwati kelas akhir KMI dan beberapa Asatidz.

Acara launching dan bedah buku ini dimoderatori oleh Ust. Iqbal Syafi’i, S.Pd, yang memandu jalannya acara dari awal sampai akhir. Setelah pembukaan dari moderator, acara dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang isi buku yang disampaikan langsung oleh penulis buku ‘My Dream’, KH. Solihin Adin, S.Ag, M.M.

Dalam paparannya, Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah menceritakan perjalanannya dalam menulis buku tersebut. “…..buku ini berawal dari sebuah mimpi, apabila kita yakin dan berusaha dalam menggapai mimpi tersebut pasti kita bisa mencapainya, tentunya dengan usaha dan doa…” ungkap KH. Solihin Adin.

Buku ini sengaja ditulis agar menjadi motivasi bagi para santri/wati agar tidak takut untuk bermimpi dan mencapai semua cita-cita.

Setelah pemaparan selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang kemudian menjadi penutup kegiatan ini.

Para santriwati yang ikut serta dalam kegiatan ini sangat antusias dan bersemangat, hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan terkait buku ‘My Dream’ tersebut .

“Kesuksesan dan kegagalan dalam hidup adalah pilihan anda. Jika anda gagal, jangan salahkan Tuhan tapi salahkan diri anda. Teruslah berjuang sampai titik akhir, jangan berhenti hingga impian anda tercapai”. (KH. Solihin Adin, S.Ag, M.M.)

Raudhah Bakery and Coffee; Pengembangan Unit Usaha di Luar Pesantren

Raudhah Bakery and Coffee; Pengembangan Unit Usaha di Luar Pesantren

Raudhah(08/10/2021). Tepat di hari Jum’at, yang merupakan hari yang penuh berkah, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah melaksanakan acara grand opening toko Raudhah Bakery and Coffee. Unit usaha yang kedua yang didirikan di luar komplek Pesantren, setelah unit usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Toko ini hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari area Pesantren.

Selain roti dan aneka minuman kopi yang merupakan sajian andalan, juga ada berbagai macam menu menarik yang tersedia di toko yang berlokasikan di Jalan Setia Budi Simpang Jalan Bunga Pancur IX Medan tersebut. Mulai dari aneka macam jus, sampai beragam menu makanan berat, seperti nasi goreng, mie goreng, ayam penyet, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan sarapan pagi yang mulai beroperasi sejak pukul 06.00 Wib, serta penginapan yang berada di lantai dua dan tiga yang diprioritaskan nantinya untuk wali santri dan santriwati.

Dalam sambutan acara tersebut, Pimpinan Pesantren, Bapak Ir. H. A. Prana Rulianto Tarigan, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan doa dari semua pihak yang telah berupaya semaksimal mungkin demi terlaksananya acara grand opening toko ini. Beliau juga menyampaikan, bahwa usaha ini dibuka sebagai salah satu ikhtiar Pesantren untuk mewujudkan kemandirian ekonomi, sehingga kedepannya Pesantren akan bertahap untuk mendirikan unit usaha lain yang berada di luar Pesantren.

Selain dihadiri para guru, beberapa tamu undangan juga turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Sekretaris Camat Kecamatan Medan Tuntungan, Bapak Mantius Mendrofa, SH, Ketua BSPSU Kota Medan, Ust. H. Yose Rizal, S.Ag, MM, serta perwakilan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Bapak Imam Adimulyanto.

Setelah acara ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng, para hadirin dipersilahkan untuk masuk ke dalam toko serta berbelanja roti dengan harga spesial, dan menikmati sajian kopi secara gratis hingga pukul 12.00 Wib.

Language Expo 2021; Allughatu Taajul Ma’had (Bahasa adalah mahkota Pesantren)

Language Expo 2021; Allughatu Taajul Ma’had (Bahasa adalah mahkota Pesantren)

Raudhah(7/10/21). Mengingat bahasa adalah mahkota Pesantren yang harus terus dijaga, maka pembimbing bahasa santri/wati atau yang dikenal dengan Language Advisory Council (LAC) dibantu oleh bagian bahasa OPRH mengadakan pameran bahasa (Language Expo) untuk meningkatkan kualitas bahasa Arab dan Inggris santri/wati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 25 September hingga 07 Oktober 2021.

Language Expo terdiri dari beberapa cabang perlombaan, antara lain: choral speaking, washlul kalimah, news anchor, guess what, missing words, poetry writing and reciting, listening challenge, singing like star, story telling, scrabble, fathul qamus, debate, first rank, dan wall magazine.

Setelah melalui tahapan seleksi dan final, pembagian hadiah perlombaan Language Expo dilaksanakan di gedung Serbaguna secara terpisah antara santi dan santriwati. Santriwati pada tanggal 6 Oktober 2021, dan santri pada tanggal 7 Oktober 2021.

Berikut nama-nama santri pemenang setiap cabang perlombaan:

Choral Speaking : Kelas 3H, kelas 3D, kelas 3P, kelas 3J, kelas 3R

Singing Like Star : Alfi Syahri 5B, Denny Arjuna 5A1, Alfi Abrar 5L

Poetry Writing and Reciting (Junior) : Aditya Rafly 3B, Fauzan Hawari 3B

Poetry Writing and Reciting (Senior) : Harun Ar-Rasyid 4A1, Zahrul Fuaadi 4A1, T.M. Arkan 4B

Scrabble (Junior) : Hafifuddin 3L, Ahmadi Nejad 3B, Aidil Karim 3B, Hidayat Nur Wahid 1XB

Scrabble (Senior) : Alfi Syahri 5B, Falih Aqil 4A1, Syits Faturrahman 4B, Haqiu Zahi 4H

Football Commentator : Fitrah Junaidi 5A1, Rizky Syahrehan 6A1, Adhyaksa Sirait 5J

Guess What : Alfi Syahri 5B dan Deni Arjuna 5A1, Alfrenda Sembiring 6B dan Rasyid Mirza Putra 6B, Fachri Husaini Idris 5J dan Daffa Fadhillah 6A3

Wall Magazine : Jihad 2, Ramadhan 2, Jihad 3

Washlul Kalimah : Kelas 1B, kelas 1H, kelas 1R, kelas 1N, kelas 1P

Language Ambassador : Alfi Syahri 5B, Bintang Fa an Tarigan 5A1, M. Fakhrurrozi 5A1

Story Telling (Junior) : Fauzan Hawari 3B, Saidi Maulana 3B, Hafifuddin 3L

Listening Challenge : Alfi Syahri 5B, Khannan Alfaraby 5D, Rendy Syahputra 6B, Bintang Tarigan 5A1, Haykal Adrian 6D

First Rank : Al-Malik 3B, Aidil Akbar 3B, Fauzan Hawari 3B, Abdillah Al-Fauzan 3B, M. Naufal Arhab 3B

Story Telling (Senior) : Haykal Adrian 6D, Rehan Hafiz Saragih 4B, Novaldi Akbar 3XB

Berikut nama-nama santrwati pemenang setiap cabang perlombaan:

Choral Speaking (Junior) : Kelas 3C, Kelas 1C, Kelas 2G

Choral Speaking (Senior) : Kelas 3XE, Kelas 3XC, Kelas 5G

Washlul Kalimah : Kelas 1XC, Kelas 1XE, Kelas 1C

Singing Like Star : Aura Maritza Zen 6C, Nasywa Andini 6A6, Annisa Aminullah 6I

Miss Language : Rushaifah Mumtazah Lubis 5A2, Cut Arsya Suci Maulida 5C, Nurul Ameera 5A2

Story Telling (Junior) : Callista Kholifahnisa Keliat 1XC, Amila Mumtaz Slawat 3I, Riflah Almirah Ramanda 2I

Story Telling (Senior) : Salsabila Azahra 5C, Yara Salsabila 5E, Musdalifah Al-Raudatul 5G

News Anchor : Musdalifah Al-Raudthah 5G, Km. Khadizah Al-Qubbra 5A2, Nadia Maghfira Harahap 4E

Guess What : Sahla Amrina 5G dan Dinda Anggiani 5K, Nadya Faiza Hasanah 4E dan Nadya Fayza Siregar 4E, Azhari Karina 6C dan Sri Wardah 6C

Fathul Qamus : Salwa Nurul Azizah 1XC, Nurul Anggraini Samosir 2C, Ainun Qolbi 1XC, Syafiqah Firzanah 2C, Amira Khairiyah 1G

Missing Word : Zola Aprilia 1XC, Triyadha Revanya 4K, Raissa Kamila 4A2

Scrabble (Junior) : Shiva Saqina Putria Zahra 3M, Nessya Azzura Delonix Regia 2E, Devi Mutiara Arfan Sinaga 2K

Scrabble (Senior) : Aura Maritza Zen 6C, Anggi Khairani 4C, Suci Mulyani 6G

Wall Magazine : Ruqayyah 1B, Ruqayyah 1C, Aisyah 3

Debate : Kelas 5G, Kelas 5A2, Kelas 6G, Kelas 6E, Kelas 6C, Kelas 4E First Rank : Inge Nur Azzahra 6A2

Pagelaran Seni Panggung Gembira Kelas Akhir KMI

Pagelaran Seni Panggung Gembira Kelas Akhir KMI

Raudhah (3/9/21). Panggung Gembira merupakan kegiatan penampilan kreatifitas seni yang dimotori oleh santri dan santriwati kelas akhir KMI. Panggung Gembira juga merupakan puncak dari beberapa rangkaian acara Pekan Perkenal Khutbatul ‘Arsy.

Panggung Gembira pada tahun ini mengangkat tema “Safir”, yang berarti berjalanlah. Tema ini diambil karena mengingat perjalanan Pesantren yang sudah menginjak usianya ke 40 tahun, perjalanan dunia melewati pandemi covid-19, dan perjalanan kelas akhir KMI yang akan terus berjalan menuju masa depan yang indah.

Pada kegiatan ini seluruh santri dan santriwati akhir KMI angkatan ke-31 menumpahkan ide-ide kreatifitasnya yang mengandung pesan-pesan pendidikan. Diantara acara yang ditampilkan oleh santri adalah I.G.D, Machine Man, Safir Light Talent, Tari Saman, Drama, Puisi Akhir Zaman, R.O.G, EMDIC, Sadisah Musikal, WYM, Hubbu Syam, MMA Gymnastic, dan Cer-et. Sedangkan acara yg ditampilkan santriwati diantaranya, Jeritan Hati, Menembus Mata Kaki, Drama, Illution Line, Rap Battle, Shalawat Akbar, dan Gejret.

Panggung Gembira dilaksanakan di Gedung Serbaguna secara terpisah antara santri dan santriwati. Penampilan santriwati dilaksanakan pada tanggal 2 September 2021, sedangkan penampilan santri dilaksanakan keesokan harinya, tanggal 3 September 2021.

Drama Arena Kelas Lima KMI

Drama Arena Kelas Lima KMI

Raudhah (26-27 Agustus 2021). Drama Arena merupakan salah satu rangkaian acara Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Drama Arena adalah kegiatan penampilan kreatifitas seni yang dilakoni oleh santri dan santriwati kelas lima KMI. Drama Arena pada tahun ini, mengangkat tema “Light of Hopes” yang berarti Cahaya Harapan.

Kegiatan ini dilaksanakan terpisah antara santri dan santriwati. Untuk santriwati dilaksanakan pada Kamis, 26 Agustus 2021 tepat ba’da isya di Gedung Serbaguna, sedangkan santri dilaksanakan keesokan harinya pada jam dan tempat yang sama.

Beragam kreasi seni yang ditampilkan dalam acara ini sangat menarik, diantaranya Drama (Hindun binti Utbah), Choir Music, Light in the Dark, Joking Show Time, Drama Musikal, Asambel, dan Best Memory Even. Sedangkan putra, menyajikan penampilan yang tidak kalah menarik, diantaranya Shalawat Akbar, Light of Words, Paloma, Harmony of Hopes, dan The Real Fighter.

Selain itu, di sela-sela pergantian acara ditampilkan video-video pendek yang berisikan pesan pendidikan terkait kehidupan, khususnya kehidupan ala pesantren. Karena Drama Arena bukan hanya sekedar pertunjukan kreatifitas, tetapi juga mengandung unsur pendidikan bagi seluruh santri/wati dan guru.

Chat Via WhatsApp