Halal biHalal Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Halal biHalal Hari Raya Idul Fitri 1445 H

RAUDHAH – Halal Bihalal berartikan saling maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan atau juga dapat diartikan sebagai bentuk silaturrahim. Dalam hal ini, Keluarga Besar Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah mengadakan kegiatan rutin tiap tahun yaitu Halal Bihalal untuk seluruh Ustadz dan Ustadzah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 18 April 2024/ 9 Syawal 1445 di Gedung Fatimah Lt. 1. Acara ini dihadiri oleh Badan Wakaf Pesantren, Pimpinan, Direktur, Wakil Direktur, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar-Raudlatul Hasanah, Asatidzah, dan karyawan Pesantren.

Halal bihalal kali ini dimeriahkan dengan adanya penampilan hadrah dari anak-anak Asatidzah sebagai pembuka acara. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan termasuk dari Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

Ustadz KH. Solihin Adin menyampaikan dalam sambutannya perihal halal bihalal sebagai kegiatan rutin tiap tahunnya dan estafet Pesantren yang terus berjalan dan harus di Perjuangkan.

Selanjutnya, acara dilanjutkan juga dengan pembacaan takhtim, tahlil dan do’a. Hal ini dibuat untuk mendo’akan para pendiri Pesantren, Asatidzah ataupun keluarganya yang telah mendahului semasa berjuang di Pesantren. Tak hanya itu, keberkahan juga diharapkan untuk perjalanan Pesantren kedepannya.

Selepas rentetan acara dilaksanakan, Asatidzah dan para hadirin saling bermaaf-maafan. Juga, menyantap hidangan yang telah disediakan oleh panitia.

Kunjungan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara

Kunjungan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara

RAUDHAH – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi berkunjung ke Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah pada Ahad, 7 April 2024/ 27 Ramadan 1445. Kehadirannya ini didampingi oleh Dirbinmas Polda Sumut, Kombes Pol Muhammad Muslim, Wakapolrestabes Medan, Kasat Intel Polrestabes Medan, dan Kasubdit Polmas Poldasu.

Kedatangan rombongan Kapoldasu disambut oleh Ketua Umum Badan Wakaf Pesantren, H. Mohd. Ilyas Tarigan, Direktur, Wakil Direktur, serta Kepala-kepala Bidang. Dalam sambutan mengawali acara kunjungan ini, Ketua Umum Badan Wakaf menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan tersebut serta menyampaikan sejarah singkat mengenai awal berdirinya Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

Kapoldasu dalam sambutannya menyampaikan, ingin membawa perubahan serta membangun peradaban kepolisian di Sumatera Utara ini agar Sumatera Utara semakin hebat di masa yang akan datang. Baik dari perilaku, pengetahuan, disiplin dan lainnya, karena kamtibmas di provinsi ini tergolong rawan.

“Polisi dan alim ulama harus saling bersinergi untuk mengelola masyarakat yang di luar untuk memajukan peradaban.” Ujar Kapoldasu.

Selanjutnya, Kapoldasu menyampaikan, diantara upaya untuk mencapai hal tersebut, perlu adanya sinergi antara Polri dan alim ulama serta pondok pesantren. Karena pondok pesantren punya peran untuk merubah perilaku masyarakat.

“Manusia ini adalah proses dinamika yang berputar. Maka pesantren diharapkan dapat berperan untuk membangun masyarakat sekitar, mengarahkan masyarakat, dan menerangi masyarakat ke jalan yang lebih baik.” Ujar Agung Setya Imam Efendi.

Di akhir sambutannya, Kapoldasu mengajak para alumni pesantren untuk bergabung menjadi anggota Polri melalui seleksi yang ada.

Setelah sekian lama berdiskusi dan beramah tamah di kantor Sekretariat Pesantren, acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Direktur Pesantren, KH. Solihin Adin. Selanjutnya, foto bersama pun turut mengakhiri pertemuan ini.

Eratkan Ukhuwah; Buka Puasa Bersama Masyarakat

Eratkan Ukhuwah; Buka Puasa Bersama Masyarakat

RAUDHAH- Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama seluruh masyarakat Paya Bundung dan sekitarnya. Pagelaran ini dilaksanakan pada Selasa, 2 April 2024/ 22 Ramadhan 1445 H di Masjid Pesantren.

Kegiatan tahunan ini dilaksanakan sebagai wujud kesyukuran dan silaturahmi keluarga besar Pesantren bersama penduduk sekitaran Pesantren. Kelurga besar Pesantren yang hadir terdiri dari badan wakaf, guru-guru, staf, dan karyawan.

Acara ini diawali dengan tausiah agama yang disampaikan oleh al-Ustadz H. Andi Wahyudi dan dilanjutkan dengan sambutan Direktur Pesantren al- Ustadz KH. Solihin Adin.

Seusai acara formal berlangsung, agenda diakhiri dengan berbuka puasa bersama, shalat Maghrib berjamaah, serta makan malam yang sudah disiapkan dalam bungkusan kotak.

Liburan Ramadhan & Lebaran Idul Fitri; Saatnya Santri/wati Mengabdi Di Masyarakat

Liburan Ramadhan & Lebaran Idul Fitri; Saatnya Santri/wati Mengabdi Di Masyarakat

RAUDHAH – Ahad, 31 Maret 2024/ 20 Ramadhan 1445, Seluruh santri/wati Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah (KMI) Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah kembali ke kampung halaman. Perpulangan ini bertujuan dapat memberikan kesempatan kepada santri/wati untuk beribadah bersama keluarga dan masyarakat di bulan Ramadhan serta menyambut datangnya hari lebaran idul fitri nantinya.

Para wali santri/wati berduyun-duyun hadir ke Pesantren untuk menjemput ananda tercinta. Meskipun kepadatan yang disebabkan oleh kendaraan terjadi, namun proses perpulangan ini berjalan dengan lancar. Dimana, santri/wati kelas 5 KMI dan Asatidzah yang bertugas berhasil mengkoordinir dengan baik.

Perpulangan ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada Sabtu Malam (30/3) bagi santri/wati yang berangkat secara rombongan bersama konsulat-konsulat yang telah ditentukan. Di antaranya adalah Asahan, Labuhan Batu, Aceh, Tapanuli Selatan, Riau dan lainnya.

Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada Ahad (31/3) bagi santri/wati yang berangkat via personal. Dimana, mereka dijemput secara langsung oleh walinya masing-masing.

“Selama liburan ini insyaAllah saya akan membantu orang tua, menjadi suri tauladan bagi adik-adik saya, beribadah dengan baik dan bersilaturahmi ke tempat saudara bersama keluarga.” ujar Jihany Virgiani

Sesuai jadwal yang ditentukan, para santri/wati kelas 1-4 KMI berlibur pada 31 Maret – 20/21 April 2024/ 20 Ramadhan – 11/12 Syawal 1445. Kemudian, para santri/wati kelas 5 dan 6 KMI berlibur pada 31 Maret – 19 April 2024/ 20 Ramadhan – 10 Syawal 1445.

Perpulangan santri/wati bukan hanya sekedar liburan, akan tetapi mereka telah dibekali untuk senantiasa melakukan amal-amal yang bermanfaat. Sebagaimana yang disampaikan tatkala mereka mengikuti etiket perpulangan bahwa waktu kosong merupakan sebuah kerusakan maka isilah liburan dengan amal saleh.

Santunan Anak Yatim; Ziswaf Raudhah Tebar Bahagia

Santunan Anak Yatim; Ziswaf Raudhah Tebar Bahagia

RAUDHAH – Ziswaf Raudhah kembali hadir dengan programnya di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini. Kali ini, pengurus Ziswaf Raudhah mengadakan pembagian bingkisan bagi anak yatim di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 30 Maret 2024/ 19 Ramadhan 1445 di Masjid Pesantren dan Ruang Guru Gedung Zainab Lantai 1. Adapun bingkisan yang disiapkan berisikan dengan beberapa pakaian yang bermanfaat.

Al-Ustadz Ahmad Fuadi menyampaikan bahwa tujuan diberikan sedekah ini agar menjadi penyemangat bagi santri/wati mujahid/ah (yatim, yatim piatu) dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan dan menyambut lebaran idulfitri 1445 H.

Semoga amal jariyah dapat selalu tercurahkan kepada para muhsinin yang telah menyalurkan sebagian hartanya di jalan Allah swt., melalui Ziswaf Raudhah.

Liputan tvOne; Berkah Sahur Ramadhan

Liputan tvOne; Berkah Sahur Ramadhan

RAUDHAH- Crew tvOne hadir ke bumi wakaf Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Kedatangan mereka bertujuan untuk meliput secara langsung suasana sahur santriwati di Pesantren. Liputan ini dilaksanakan pada Jum’at, 29 Maret 2024/ 19 Ramadhan 1445, mulai pukul 04.00 WIB.

tvOne adalah sebuah jaringan televisi swasta nasional di Indonesia yang berfokus pada konten berita. Stasiun televisi ini berpusat di Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia yang beroperasi mulai tahun 2002 hingga sekarang.

Wanasari selaku reporter tvOne mengungkapkan bahwa peliputan berita di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah merupakan bagian program mereka di bulan Ramadhan ini. Lebih lanjut, liputan berita yang dilaksanakan di Pesantren ini bukan hanya di tahun ini saja, namun sudah pernah dilakukan juga di tahun-tahun sebelumnya dengan ragam konsepnya.

Selain meliput suasana sahur santriwati, crew tvOne juga mengundang dan mewawancarai Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pun seputar rutinitas sahur santriwati.

Sahur merupakan rutinitas santriwati setiap harinya di bulan Ramadhan. Pelaksanaan sahur di Raudhah terkhusus santriwati tidak ada yang berubah. Tatanan tempat beserta alat makan serupa seperti biasanya. Dimana, setiap meja makan diisi dengan 8 santriwati yang dilengkapi dengan beberapa lauk dan alat makan-minum.

Adapun liputan tvOne tentang suasana sahur di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dapat dilihat di channel youtube resmi “tvOneNews”. Judulnya ialah “Melirik Suasana Sahur di Pesantren Ar-Raudlatul HasanahHasanah | Berkah Sahur Ramadan.”

Chat Via WhatsApp