Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegepty, untuk itu kita perlu mencegah perkembangbiakan nyamuk tersebut dengan  beberapa cara sederhana antara lain:Hasil gambar untuk demam berdarah

  1. Menguras Tempat Penampungan Air
    Kita sebaiknya menguras tempat penampungan air paling tidak 2 kali seminggu. Karena nyamuk dewasa akan bertelur di permukaan air yang tergenang. Jika kita tidak menguras tempat penampungan air berarti kita sudah menyediakan tempat bertelur untuk nyamuk dewasa.
  2. Mengubur Barang Bekas
    Dengan mengubur barang-barang bekas seperti kaleng, botol, dan ember yang telah tidak digunakan lagi juga merupakan usaha untuk mencegah nyamuk berkembangbiak karena barang-barang bekas tersebut dapat menampung air ketika hujan turun sehingga dapat menjadi sarana nyamuk untuk berkembang biak.
  3. Bongkar Tempat Persembunyian Nyamuk.
    Sebaiknya kita memperhatikan setiap sudut rumah kita. Nyamuk biasanya bersembunyi di tempat-tempat yang gelap, kotor, kumuh, dan lembab. Seperti dibawah wastafel,di sekitar area menggantung baju, di bawah tangga, dan beberapa area lainnya. Kita harus senantiasa menjaga tempat-tempat yang rawan akan nyamuk agar tetap bersih dan bebas nyamuk.
  4. Menabur Larvasida
    kita juga dianjurkn untuk menaburkan larvasida, karena larvasida dapat menghambat pertumbuhan jentik-jetik yang akan menjadi nyamuk dewasa yang dapat membahayakan setiap orang.

 

Demikianlah berapa cara sederhana untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Dan kita juga harus membiasakan hidup bersih agar senantiasa terhindar dari penyakit terkhusus demam berdarah, yang termasuk salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Ed. Icha Chery.