Raudhah (27/02/2019). Sebagai salah satu bentuk evaluasi hasil pembelajaran bagi santri-santriwati kelas VI, Kulliyatul Muallimin al-Islamiyah Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah melaksanakan ujian akhir termin kedua. Ujian akhir termin pertama telah dilaksanakan pada 1 sampai dengan 13 Desember 2018.

Sebanyak 15 mata pelajaran diujikan kepada seluruh santri dan santriwati yang berjumlah 419 orang dalam ujian akhir termin kedua, antara lain; Insya’, Muthalaah, Ushul Fikih, Mantiq, Tauhid dan Ilmu Kalam, Bahasa Inggris, Tarbiyah, Nahwu, Fikih, Tafsir, Mustolah Hadis, dan Balaghah.

Seluruh pelajaran yang diujikan tidak hanya yang dipelajari pada kelas enam saja, tetapi juga termasuk yang dipelajari mulai dari kelas empat. Ujian akhir termin kedua dilaksanakan terpisah pada waktu yang bersamaan, santri putra berjumlah 179 orang seluruhnya melaksanakan ujian di gedung serbaguna dan santriwati putri berjumlah 240 orang di hall gedung Hafsah. Ujian akhir termin kedua dilaksanakan selama 8 hari mulai tanggal 27 Februari hingga 7 Maret 2019.

Dalam arahannya kepada seluruh santri kelas akhir sebelum dimulainya ujian di gedung serbaguna, Direktur Pesantren KH. Solihin Adin mengingatkan kepada seluruh santri agar bersungguh-sungguh dan bersabar dalam mengikuti seluruh ujian. Beliau mengingatkan bahwa melalui ujian seseorang dapat dihormati dan juga dihinakan , “Bil imtihani yukromu al-mar’u aw yuhanu”, demikian ungkapnya. Ed.HS