RAUDHAH – Keikutsertaan santri mewakili Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah pada ‘International Applied Biology Olympiad 2024’ berhasil mencatat prestasi. Santri Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (Fauzan Hawari) mendapatkan penghargaan medali perunggu pada kategori studi kasus kelompok A.

Kompetisi ini diselenggarakan di Bali, Indonesia pada Kamis-Ahad, 20-23 Juni 2024/ 13-16 Dzulhijjah 1445. Olimpiade ini juga diikuti sebanyak 147 peserta dari berbagai provinsi dan negara yang mengikuti kompetisi sesuai dengan kategorinya secara pengelompokan.

Terdapat 2 jenis kategori yaitu mengerjakan soal kognitif (berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dalam 1 jam) dan soal studi kasus (memilih satu studi kasus).

‘International Applied Biology Olympiad’ (IABO) Grand Final dirancang dengan konsep penyelesaian studi kasus dalam bidang biologi. Setiap peserta akan diberikan pilihan studi kasus dalam bidang biologi dan harus disertakan dalam file presentasi untuk kemudian dipresentasikan kepada juri.

Adapun santri Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (Fauzan Hawari) mendapatkan studi kasus di kelompok A. Ia memaparkan dengan baik ketika menjawab pertanyaan dari dewan juri.

Tujuan adanya AIBO ini sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan siswa di bidang sains, khususnya Biologi. Siswa diuji keterampilan dan ketangkasan dalam mengerjakan soal biologi yang dapat menumbuhkan sikap positif, terutama dalam hal berpikir kritis dan bersikap ilmiah.

Chat Via WhatsApp