RAUDHAH – Rektor Universitas Darussalam Gontor al-Ustadz Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil., berkenan menerima undangan dari Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Beliau mendarat di Sumatera Utara pada tanggal 5 Juli 2024 yang langsung disambut hangat oleh Keluarga Besar Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Beliau hadir bersama keluarga dan didampingi oleh al-Ustadz Assoc. Prof. Dr. Sujiat Zubaidi, M.Ag., bersama Istri.

Sabtu, 6 Juli 2024, Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil., bersama rombongan menghadiri acara wisuda perdana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar-Raudlatul Hasanah. Acara tersebut berjalan selama 4 jam dengan penuh khidmat. Saat acara berlangsung beliau memberikan orasi ilmiah dengan durasi 60 menit.

Beliau mengungkapkan bahwa Pendidikan adalah agen perubahan, berubah kerena Pendidikan. Kualitas bangsa ditentukan dengan kualitas rakyatnya, kualitas rakyat ditentukan oleh sistem pendidikannya, dan kualitas pendidikan ditentukan oleh gurunya. Terlebih, beliau juga berharap STIT Ar-Raudlatul Hasanah agar melaju menjadi Universitas Pesantren.

Selanjutnya, Sabtu malam (6/7), tepatnya seuasai shalat maghrib berjama’ah, beliau memberikan motivasi dan nasehat kepada seluruh santri/wati. Para santri/wati sangat menyimak terutama tatkala beliau mengungkapkan bahwa bahasa Arab dan Inggris merupakan salah satu kemampuan yang terpenting untuk menata masa depan.

Selepas itu, Agenda kunjungan beliau dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM Gontor) dan Ikatan Keluarga Ar-Raudlatul Hasanah (IKRH). Sekitar 50 orang yang menghadiri acara tersebut sangat antusias guna mendengarkan untaian nasehat dan berdiskusi dengan Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil. Tak tertinggal, pengambilan foto bersama dilaksanakan sebagai wujud dokumentasi yang akan dikenang sepanjang masa.

Ahad pagi (7/7), Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil., dan Lektor Kepala Prodi Aqidah Filsafat Islam S3 Universitas Darussalam Gontor al-Ustadz Assoc. Prof. Dr. Sujiat Zubaidi, M.Ag., memberikan motivasi dan nasehat kepada para Asatidzah Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

Agenda tersebut bertemakan Bencmarking KMI Gontor dan Pengembangan Perguruan Tinggi Pesantren di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, yang dilaksanakan pada hari Ahad, 7 Juli 2024/ 1 Muharram 1446 di Aula Pertemuan Gedung Hafsah Lt.3. Tentunya, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Badan Wakaf, Direktur, Wakil Direktur, Ketua STIT RH, Kepala-kepala Bidang, dan seluruh Asatidzah yang berkhidmat di bumi wakaf ini.

Dalam nasehatnya, Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil., menyampaikan bahwa gagasan menyelenggarakan Pendidikan adalah gunakan yang ada untuk memecahkan solusi yang ditemukan, sehingga sangat perlu dibutuhkannya integrasi.

Disamping itu, beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan pondok harus terdiri dari tiga hal yakni ilmu, iman dan amal. Seluruh ustadz dan ustadzah terlihat sangat antusias mendengarkan nasehat Direktur KMI tersebut.

“Membunyikan filsafat hidup dan nilai-nilai kehidupan adalah peningkatan mutu di Pesantren.” Lanjut beliau.

Setelah penyampaian motivasi dan nasehat, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan do’a serta sesi perfotoan.

Kemudian, Ahad siang (7/7) hingga Senin malam (8/7), Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil., beserta rombongan serta Keluarga Besar Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah menuju ke Parapat. Banyak pula kegiatan yang dilaksanakan semisal mengunjungi Pesanggrahan Bung Karno, menikmati indahnya danau toba dan desa tomok/ pulau Samosir, serta menikmati hidangan makanan khas di Parapat. Namun, di setiap agenda tersebut, diskusi dan dialog membahas kepesantrenan hingga perguruan tinggi Pesantren tetap dilangsungkan secara baik dan khidmat. Di akhir perjalanan, para rombongan mengunjungi Pesantren Mawaridussalam guna bersilaturrahim ke Keluarga Besar Pesantren Mawaridussalam.

Selasa pagi (8/7), para rombongan tersebut bertolak dari Sumatera Utara menuju kembali ke Universitas Darussalam Gontor. Keluarga Besar Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah sangat bersyukur atas kedatangan beliau dan rombongan. Alhamdulillah, Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil., beserta rombongan yang hadir sangat terkesan selama berada di bumi wakaf Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dari awal kunjungan hingga kembalinya ke Darussalam Gontor.

Chat Via WhatsApp