Raudhah (14/02/2019). Pramuka adalah salah satu ekstrakulikuler wajib bagi santri-santriwati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, di setiap hari Kamis seluruh santri-santriwati diwajibkan mengikuti kegiatan kepramukaan yang dikoordinir oleh organisasi kepramukaan santri dan guru-guru Majelis Pembimbing Kepramukaan.
Setiap tahun di semester genap, santri-santriwati kelas 4 dan 3 intensif diikutsertakan dalam Perkemahan Kamis-Jumat (Perkajum) sebagai salah satu bagian dari syarat kecakapan umum kenaikan tingkat bagi Penegak Bantara menjadi Penegak Laksana.
Sebagaimana biasanya, tahun ini kegiatan Perkajum diselenggarakan di Bumi Perkemahan Raudhah di desa Sugau Pancur Batu Deli Serdang selama dua hari, dari tanggal 7 hingga 8 Februari 2019 bagi santri putra, dan tanggal 14 hingga 15 Februari bagi santriwati putri. Selain sebagai kelengkapan syarat kecakapan umum, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk jiwa kepemimpinan dan kemampuan bertahan hidup di alam bebas serta kerjasama tim, oleh karena itu santri-santriwati dibagi ke beberapa regu.
Perkajum diisi dengan beragam kegiatan, seperti materi-materi kepramukaan, teknik bertahan hidup di alam bebas, permainan, perlombaan antar regu, dan penampilan seni dan malam unggun gembira.
Setelah mengikuti Perkajum, setiap calon bantara laksana dari kelas IV dan III intensif akan melakukan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) di masing-masing regu pramuka penggalang di bawah bimbingan Koordinator Gerakan Pramuka Santri. Ed.HS

Chat Via WhatsApp