Raudhah (29/12/23). Patah tumbuh hilang berganti, belum patah sudah tumbuh, belum hilang sudah berganti. Untaian yang selalu digaungkan di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah terkhusus bagi para warga OPRH dan Koordinator Pramuka Gugus Depan 06-195/ 06-196 dalam berorganisasi. Hari ini, tepatnya pada Jum’at, 29 Desember 2023, Bidang Pengasuhan Putra dan Putri melaksanakan agenda pemanggilan formatur calon pengurus OPRH dan Koordinator Pramuka Gugus Depan 06-195/ 06-196 periode 2024-2025. Penyelenggaraan ini terlaksana secara bersamaan pada pukul 20.30 WIB hingga selesai. Seluruh santri kelas 5 KMI sebagai calon pengurus ditempatkan di Masjid Lt. 2 dan Aula Pertemuan Gedung Indonesia Lt. 3. Sedangkan para santriwati kelas 5 KMI berada di Aula Pertemuan Gedung Hafsah Lt.3.

Undangan juga disebarkan bagi para Asatidzah wali kelas dan kepala bidang Pesantren untuk menghadiri agenda tersebut. Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah juga memimpin forum tersebut yakni al-Ustadz Carles Ginting, BHSc., yang membersamai para santri dan al-Ustadz H. Miftakhuddin, S.S., S.Pd.I., M.M., yang membersamai para santriwati. Ada beberapa pesan yang tersampaikan oleh Wakil Direktur kepada para calon pengurus sebagai bekal nantinya dalam kepemimpinan meraka yaitu:

Pertama, dalam kepemimpinan terdapat 3 pendekatan yakni pendekatan ideal, pendekatan program, dan pendekatan manusiawi. Kedua, seseorang pemimpin harus memiliki 5 daya yakni daya dorong, daya tahan untuk menghadapi kesulitan, daya juang, daya suai atau tidak kaku, dan daya kreatif. Ketiga, dalam organisasi harus diisi dengan 3 K yakni komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi. Keempat, niat ikhlas beribadah karena Allah swt. Kelima, senantiasa mengingat akan tanggungjawab yang diamanahkan. Keenam, keteladanan dalam memimpin dan menguasi serta mampu mengatasi segala permasalahan.

Secara umum, rangkaian yang berjalan dalam agenda pemanggilan calon pengurus OPRH dan Koordinator Pramuka Gugus Depan 06-195/ 06-196 baik putra maupun putri memiliki kesamaan. Terformat menjadi dua bagian; Bagian pertama para santri/wati menunggu panggilan untuk masuk ke dalam forum bersama Wakil Direktur dan para Asatidzah. Bagian kedua, Para santri/wati yang telah memasuki forum diberikan pengarahan dan nasehat berdasarkan bagian yang telah ditentukan dan diamanahkan kepada meraka. InshaAllah, agenda berikutnya adalah laporan pertanggungjawaban OPRH dan Koordinator Pramuka Gugus Depan 06-195/ 06-196, serah terima amanat dan pelantikan pengurus baru OPRH dan Koordinator Pramuka Gugus Depan 06-195/ 06-196 periode 2024-2025, yang dilaksanakan mulai pada Sabtu, 6 Januari 2023.

Chat Via WhatsApp