Raudlah (28/03/2019). Beragamnya kegiatan ekstrakulikuler di Pesantren, tidak membuat santri-santriwati abai terhadap pelajaran yang mereka dapatkan di dalam kelas. Kurikulum KMI yang digunakan oleh Pesantren memberikan perhatian berimbang terhadap kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual santri-santriwatinya.
Seksi Kulliyatul Muallimin al-Islamiyah (KMI) dan Laboratorium melaksanakan olimpiade yang bertajuk “KMI and Laboratory Olympiad 2019”. Kegiatan tahunan ini diikuti oleh seluruh perwakilan kelas santri dan santriwati dari kelas 1 hingga 5, mereka berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di setiap tingkatannya. Olimpiade KMI dan Laboratorium 2019 membagi peserta ke dalam 2 golongan, yaitu tingkat junior (kelas 1 hingga 3) dengan materi perlombaan bahasa Arab, bahasa Inggris, dan praktek laboratorium biologi, dan tingkat senior (kelas 3 intensif, 4, dan 5) dengan materi perlombaan ushul fiqh, matematika dan praktek laboratorium fisika dan biologi.
Setiap kelas tingkat junior mengutus 5 peserta, masing-masing 1 peserta cabang bahasa Arab, 1 peserta cabang bahasa Inggris, dan 3 peserta cabang praktek biologi. Sedangkan tingkat senior mengutus 8 peserta, 1 peserta ushul fiqh, 1 peserta matematika, 3 peserta fisika,dan 3 peserta biologi. Total seluruh peserta olimpiade mencapai 1338 orang.
Olimpiade berlangsung dari tanggal 13 hingga 28 Maret 2018, diawali dengan babak penyisihan yang diikuti oleh seluruh utusan kelas yang berjumlah 1338 peserta yang dilaksanakan dari tanggal 13 hingga 19 Maret 2019. Sebanyak 52 peserta berhasil mencapai babak final mewakili kelas mereka masing-masing. Babak final olimpiade untuk materi matematika, praktek fisika, dan biologi dilaksanakan di ruang terbuka setelah sholah Ashar, putra di depan gedung serbaguna, dan putri di halaman gedung Rabiatul Adawiyah. Seluruh santri dan santriwati sangat antusias mengikuti pertandingan babak final guna memberikan semangat kepada perwakilan kelas mereka. Sedangkan babak final materi bahasa Arab, bahasa Inggris, dan Ushul Fiqh dilaksanakan di gedung serbaguna setelah sholat Isya, putra pada tanggal 25 hingga 26 Maret 2019 dan putri pada tanggal 27 hingga 28 Maret 2019.
Kegiatan ini diharapkan menjadi aktivitas yang dapat memotivasi santri-santriwati untuk mengasah dan mengembangkan kecerdasan intelektualnya dan juga melatih mental berjuang untuk menjadi juara. Ed.HS

Chat Via WhatsApp