Raudhah (7/11/22). Keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulis. Dalam menulis juga dituntut untuk kreatif agar tulisan menjadi menarik dan pembaca tertarik membacanya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan literasi santri dalam menulis, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan  menggelar ngaji literasi dengan tema “Proses Kreatif Menulis Buku” bagi santri/wati kelas 1-6 Kuliyyatul Mu‘allimin Al-Islamiyyah (KMI). Kegiatan ini dilaksanakan secara terpisah pada Ahad pagi (6/10), untuk para santri dilaksanakan di Masjid Pesantren sedangkan untuk para santriwati dilaksanakan di ruang pertemuan Hafshah Lt. 3 untuk santriwati dan di Masjid Pesantren untuk santri.

“Di dalam seorang yang ingin mulai menulis maka tanamkanlah dalam diri seperti ini, karena saya masih belajar maka salah itu wajar, InsyaAllah jika hal tersebut sudah tertanam di dalam diri kita maka kita akan percaya diri dalam menulis dan menerbitkan atau mengumumkan karya kita ke orang banyak”. Salah satu ungkapan dari Ustadz Ahmad Rifa’i Rif’an dihadapan seluruh santri dan Asatidz.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan oleh Ustadz Radinal Mukhtar Harahap, S.H.I., M.Pd., (Putra) dan Ustadz Zulfikri, S.Pd., (Putri), dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ustadz Ahmad Rifa’i Rif’an selaku penulis puluhan buku mega best seller nasional, kemudian sesi tanya jawab antara seluruh peserta baik dari seluruh santri/wati maupun Asatidzah, serta diakhiri dengan sesi foto bersama.

“Ketika sudah disebutkan Muslimah maka seharusnya di dalam diirinya sudah terdapat indah akhlaknya, teduh parasnya, brilian otaknya, mantap ilmu agamanya, luas pergaulannya, dahsyat prestasinya, dan hebat kontribusinya”. Salah satu ungkapan dari Ustadz Ahmad Rifa’i Rif’an dihadapan seluruh santriwati dan Ustadzat.

Alhamdulillah, para santri/wati begitu semangat dan gembira dengan adanya ngaji literasi yang dipaparkan oleh penulis hebat Indonesia tersebut. Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian semarak Kesyukuran 40 Tahun Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan bakat para santri/wati dalam tulis menulis.

Chat Via WhatsApp