Raudlah (16/07/2018). Setiap awal tahun ajaran, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah melaksanakan Apel Tahunan yang merupakan upacara pembukaan tahun ajaran baru yang diikuti oleh seluruh unsur Pesantren mulai dari Badan Wakaf, guru-guru, mahasiswa Sekolah Tinggi Ar-Raudlatul Hasanah, hingga santri dan santriwati. Kegiatan tahunan ini merupakan satu dari beragam rangkaian kegiatan Pekan Perkenalan (disebut juga dengan khutbatul arsy atau khubatul iftitah) di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

Di antara kegiatan yang dilaksanakan pada Apel Tahunan adalah perlombaan gerak jalan dan baris berbaris antar santri yang dikelompokkan berdasarkan asal daerah.

Guna mempersiapkan diri menghadapi perlombaan, selama seminggu seluruh santri dan santriwati mengikuti latihan baris-berbaris yang dipimpin oleh masing-masing pengurus konsulat daerah.
Latihan diadakan pada siang hari, mulai pukul 13.30 hingga 15.00 di tempat-tempat yang telah ditentukan oleh panitia Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy. Selain melatih baris-berbaris, kegiatan ini juga bertujuan menanamkan kedisiplinan dan mempererat ukhuwah islamiyah antar anggota konsulat daerah. Ed.HS

Chat Via WhatsApp