Raudhah (19/2/2023). Dalam rangka kesyukuran 40 tahun Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dengan tema “Berkhidmat Untuk Negeri dan Menggapai Ridho Ilahi”, Pesantren mengadakan Lomba Debat Bahasa Inggris antar Pelajar se-Sumatera Utara pada Ahad (19/2). Kegiatan merupakan salah satu perlombaan dari Raudhah Anniversary Festival.

Perlombaan tersebut dilaksanakan secara terpisah, untuk putra berada di Gedung Serbaguna dan putri berada di Gedung Hafsah Lt.3 yang diikuti oleh beberapa lembaga Pendidikan yang berada di Sumatera Utara. Akan tetapi sebelum para peserta bertanding di atas panggung pada babak final, mereka terlebih dahulu harus melalui babak penyisihan yang diadakan di ruangan-ruangan yang telah ditentukan.

Pada babak final, kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Pesantren, Wakil Direktur Pesantren, Asatidzah, para pembimbing tiap tim, dan seluruh peserta.

Debat bahasa Inggris baik putra maupun putri berjalan dengan sengit, tiap-tiap tim memberikan argumen-argumen yang bagus ketika mereka menjadi pihak pro ataupun kontra. Tim pro adalah tim yang setuju terhadap mosi debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk mendukung mosi tersebut, sedangkan tim kontra adalah tim yang tidak setuju terhadap mosi debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk menentang mosi tersebut.

Setiap peserta begitu mahir dalam berbahasa Inggris sehingga para hadirin yang hadir terlihat begitu takjub dan memukau Ketika melihat peampilan-penampilan setiap tim. Semoga dengan adanya perlombaan ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi para peserta baik dari segi reading, listening, speaking, dan writing.

Adapun daftar pemenang pada perlombaan debat Bahasa Inggris 2023:
Putra
Juara 1: Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (Tim 4)
Juara 2: Pesantren Jabal Rahmah
Juara 3: Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (Tim 1)
Harapan 1: Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (Tim 2)
Pembicara Terbaik: Fahrul Sahotman (Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Tim 1)

Putri
Juara 1: SMAN 1 Medan
Juara 2: Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (Tim 1)
Juara 3: Univa Mu’allimin
Harapan 1: Al-Azhar Asy-Syarif 2
Pembicara Terbaik: Mocha Nada Fenezia Hutasuhut (SMAN 1 Medan)

Chat Via WhatsApp