Raudhah (18/2/2023). Dalam rangka kesyukuran 40 tahun Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dengan tema “Berkhidmat Untuk Negeri dan Menggapai Ridho Ilahi”, Pesantren mengadakan Lomba Debat Bahasa Arab antar Pelajar se-Sumatera Utara pada Sabtu (18/2). Kegiatan merupakan salah satu perlombaan dari Raudhah Anniversary Festival.

Perlombaan tersebut dilaksanakan secara terpisah, untuk putra berada di Gedung Serbaguna dan putri berada di Gedung Hafsah Lt.3 yang diikuti oleh beberapa lembaga Pendidikan yang berada di Sumatera Utara. Adapun peserta debat Bahasa Arab putra ialah Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut, Pesantren Darul Arafah Raya, Pesantren Mawaridussalam, Pesantren Darul Ma’rifat dan Pesantren Fahmussalam. Sedangkan putri Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, Pesantren Darul Arafah Raya, Pesantren Mawaridussalam dan Pesantren Darul Ma’rifat.

Perlombaan debat Bahasa Arab putra tersebut dibuka langsung oleh Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Ustadz KH. Solihin Addin, S.Ag., M.M., dan debat Bahasa Arab putri dibuka langsung oleh Wakil Direktur Ustadz H. Miftakhuddin, S.S., S.Pd.I., M.M.

Debat Bahasa Arab baik putra maupun putri berjalan dengan sengit, tiap-tiap tim memberikan argumen-argumen  yang bagus Ketika mereka menjadi pihak pro ataupun kontra. Tim pro adalah tim yang setuju terhadap mosi debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk mendukung mosi tersebut, sedangkan tim kontra adalah tim yang tidak setuju terhadap mosi debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk menentang mosi tersebut.

Wakil Direktur Pesantren menyampaikan bahwa adapun tujuan dengan adanya perlombaan debat Bahasa Arab ini dapat meningkatkan semangat dan kualitas para santri/wati dalam mempelajari serta mendalami Bahasa Arab.

Adapun daftar pemenang pada perlombaan debat Bahasa Arab 2023:

Putra

Juara 1: Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Juara 2: Pesantren Darul Arafah Raya

Juara 3: Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut

Pembicara Terbaik: Asa Fadhilah (Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan)

Putri

Juara 1: Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Juara 2: Pesantren Darul Arafah Raya

Juara 3: Pesantren Mawaridussalam

Juara 4: Pesantren Darul Ma’rifat

Pembicara Terbaik: Intan Nur Aini ( Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan)

Chat Via WhatsApp