Raudhah (3/1/22). Salah satu bentuk nyata dari estafet kepemimpinan adalah dilaksanakannya kegiatan Laporan Pertanggung Jawaban dan Pergantian Pengurus Organisasi Pelajar Ar-Raudlatul Hasanah (OPRH) di setiap tahunnya. OPRH merupakan salah satu ujung tombak dari keberlangsungan pendidikan di Pesantren, karena merekalah yang secara langsung berhubungan dengan santri-santriwati dalam segala kegiatan di bawah bimbingan para asatidzah.

Pada tahun ini, Pengurus OPRH periode 2022-2023 melaporkan kerja dan kinerja mereka selama satu tahun di hadapan direktur pesantren, ustadz-ustadzah dan seluruh santri-santriwati. Tidak sekedar dibacakan, laporan tersebut juga langsung dievaluasi oleh Bapak Direktur dan Wakil Direktur seusai pembacaan tiap-tiap bagian. Sebelum menyampaikan laporannya, mereka terlebih dahulu dibimbing oleh dua verifikatur dari ustadz dan ustadzah untuk memastikan laporan mereka sesuai dengan fakta dan standar pelaporan.

Proses Menjadi Pengurus

Setelah menyampaikan laporan pertanggung jawaban di hadapan seluruh santri-santriwati, laporan tersebut diserahkan kepada Direktur Pesantren dan selanjutnya diserahkan kepada pengurus baru yang akan mengabdi pada periode 2023-2024.

Pengurus baru adalah santri-santriwati kelas 5 Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI). Untuk terpilih menjadi pengurus, mereka melewati beberapa tahapan, dimulai dari pemilihan dua utusan dari masing-masing konsulat asal daerah, selanjutnya penyaringan 10 besar hingga 5 besar.

Setelah menentukan calon ketua OPRH bersama asatidzah bidang Pengasuhan Santri menyusun formatur kepengurusan periode 2023-2024. Selanjutnya mereka dikumpulkan di ruang pertemuan guna mendapatkan pengarahan dari Direktur Pesantren dan kepala-kepala bidang.

Tidak semua santri kelas 5 KMI mendapatkan kesempatan menjadi pengurus OPRH. Oleh sebab itu, mereka pun mendapatkan pengarahan dalam pertemuan ini bahwa tidak terpilihnya mereka juga memiliki hikmah, dan di perjalanan kepengurusan masih terbuka kesempatan adanya perubahan formatur dan pengangkatan setelah dilakukannya evaluasi.

Direktur dan Wakil Direktur Melantik Pengurus Baru OPRH

Pada Selasa, 3 Januari 2023, Direktur, Wakil Direktur beserta Kepala-Kepala Bidang melantik serta mengambil sumpah pengurus baru OPRH di hadapan asatidzah dan seluruh santri/wati warga OPRH. Laporan pertanggungjawaban dan pelantikan berlangsung secara terpisah; santri putra di gedung serbaguna dan santriwati putri di Gedung Fatimah Lt. 3. Pelantikan dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk antara pengurus lama dan baru, serta penyampaian sambutan dari ketua OPRH yang baru dan nasehat dari Direktur Pesantren (Putra) dan Wakil Direktur (Putri).

Pengurus OPRH putra periode 2023-2024 dipimpin oleh Harry Shobari Dalimunthe (Kelas 5 A1/ Konsulat Medan Sunggal) dan Aidil Miranto (Kelas 5 B/ Konsulat Labuhan Batu), sedangkan putri dipimpin oleh Afifah Al-Zahra Ramadhani (Kelas 5 G/ Konsulat Medan Kota) dan Dinda Sri Andriani (Kelas 5 E/ Konsulat Tapanuli Selatan).

Dalam amanatnya baik dari Bapak Direktur Pesantren maupun Bapak Wakil Direktur, berharap pengurus baru dapat bekerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas dalam menjalankan amanah yang diemban, sehingga dapat mendunkung keberlangsungan pendidikan dan estafet kepemimpinan di Pesantren.

“Siap memimpin dan siap dipimpin”, demikianlah salah satu filosofi yang terus dipegang teguh dan ditanamkan oleh Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah kepada seluruh guru dan santrinya sebagai usaha kaderisasi dalam estafet kepemimpinan.

Chat Via WhatsApp