Raudhah (23/12/2023). Santri/wati kelas 5 KMI mengikuti kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) 2023. Kursus Mahir Dasar merupakan kegiatan rutin tahunan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah untuk membekali para calon pembina pramuka pengetahuan dasar pendidikan kepramukaan serta garis besar pembinaan dan pengelolaan satuan pramuka di gugus depan. Kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi santri kelas 5 yang telah mencapai pangkat bantara. Peserta yang telah menyelesaikan pendidikannya di KMD nantinya akan diamanahi menjadi pembina pramuka, menggantikan pembina sebelumnya dari kelas 6.

Program yang dilangsungkan selama sepekan sejak tanggal 18 hingga 23 Desember 2023 ini dilaksanakan di dua tempat. Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan menjadi tempat berlangsungnya KMD putri, sedangkan bumi perkemahan Desa Sugau Kecamatan Pancur Batu menjadi tempat berlangsungnya KMD putra. Selain itu, peserta yang mengikuti program ini berjumlahkan 607 peserta. Dengan rinciannya yakni 276 putra dan 306 putri dari Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan serta 13 putra dan 11 putri berasal dari Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut.

Rangkaian kegiatan KMD tahun ini adalah upacara pembukaan, cross country, malam unggun gembira, ulang janji dan pemberian materi-materi. Diantaranya Undang-undang Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, AD dan ART Gerakan Pramuka, penyusunan program berkemah, kegiatan bagi peserta didik, cara mendirikan tenda, kehidupan perkemahan, mengelola satuan pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega, permainan sebagai alat pendidikan, metode kepramukaan, program peserta didik, rencana latihan, project works, sejarah pramuka, world organization of scout movement (WOSM), lambang gerakan pramuka, api unggun sebagai alat Pendidikan merupakan materi-materi yang diberikan dalam kegiatan KMD 2023.

Upacara penutupan menjadi akhir dari kegiatan KMD 2023. Dilaksankan pula secara terpisah, untuk santri putra di bumi perkemahan Desa Sugau dan santriwati di Lapangan Hijau Kampus Putri.

Chat Via WhatsApp