Raudhah (28/12/23). Raudhah Physics Study Club (RPSC) Putra melakukan kunjungan ke Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU). RPSC Putra merupakan salah satu kelompok ektrakurikuler Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang berjumlahkan 50 santri berasal dari kelas 5 dan 6 KMI. Kunjungan tersebut diadakan pada Kamis siang, 28 Desember 2023, yang didampingi oleh al-Ustadz Erwin, ST., S.Pd.I., al-Ustadzah Dra. Hj. Kasyuliani, al-Ustadzah Hesty Asnita, S.Pd., al-Ustadzah Zulya Sri Astuti Hasibuan, S.Pd., Khulaishah Fajrul Fithri, S.Pd., al-Ustadzah Siti Rohana, S.E., al-Ustadzah Lia Juniyanti Lumban Gaol, S.Farm., dan al-Ustadzah Husnul Aini, S.T.

Agenda yang terlaksana dalam kunjungan ini telah terkonsep dengan efektif. Pertama, para santri memulai kunjungnnya dengan menonton video di Auditorium Planetarium, yang berisikan tentang perkenalan OIF UMSU, bumi, cara singkat penentuan arah kiblat, observatorium terbesar di dunia dan sejarah optik. Kedua, melihat secara langsung ruang peralatan OIF UMSU. Para santri diperkenalkan dengan beberapa jenis teropong, mulai yang tertua hingga teropong modern. Tidak hanya itu, mereka diperbolehkan menggunakan alat-alat tersebut. Juga, diberikan kesempatan menggunakan teropong untuk melihat matahari di taman OIF UMSU.

Berjalan baiknya kunjungan ini, tidak terlepas dari tujuannya yakni untuk menambah pengetahuan santri tentang ilmu falak dan menumbuhkan kecintaan serta minat santri terhadap ilmu fisika. Sebelum meninggalkan OIF UMSU, para santri dan Asatidzah melakukan foto bersama.

Chat Via WhatsApp