Raudhah (08/01/2019). Kepala Seksi Pengembangan Profesi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Dr. Adib Abdushomad melakukan kunjungan ke Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Didampingi Direktur Pasca Sarjana UINSU Prof. Dr. Syukur Khalil, MA dan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UINSU Prof. Dr. Katimin, M.Ag, kehadiran beliau disambut oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar-Raudlatul Hasanah KH. Dr. Rasyidin Bina, MA, dan Direktur Pesantren KH. Solihin Adin, S.Ag, MM. Setibanya di bumi wakaf Raudlah, Dr. Adib Abdushomad beserta tamu pendamping berkesempatan mengelilingi area Pondok guna melihat dari dekat seluruh kegiatan. Selain itu juga ia juga memberikan motivasi di hadapan santri-santriwati yang sedang berkumpul di gedung serbaguna dalam rangka mendengarkan Laporan pertanggungjawaban dan pelantikan pengurus baru Organisasi Pelajar Ar-Raudlatul Hasanah (OPRH).

Di hadapan Ketua Sekolah Tinggi dan Direktur Pesantren, Dr. Adib Abdushomad mengingatkan tiga hal, pertama bahwa santri-santriwati adalah aset bangsa dan memiliki potensi yang harus diberdayakan dan dikembangkan. Selain menguasai ilmu-ilmu agama dan kemampuan membaca literatur klasik Islam, para santri juga harus berwawasan global dan menguasai bahasa asing selain bahasa Arab.

Kedua, pentingnya pemahaman paradigma integrasi keilmuan, bahwa dewasa ini sudah tidak ada lagi dikotomi ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama, keduanya harus terkoneksi dan terintegrasi satu sama lain. Artinya, sumber daya manusia saat ini dituntut mampu menyelaraskan kedua hal ini.

Ketiga, menjaga sikap toleransi dalam hal furuiyyah, jangan fanatik terhadap satu golongan atau organisasi masyarakat tertentu sehingga melupakan ukhuwah islamiyah satu sama lain. Ed.HS