Raudhah (5/10/22). Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh santri di pesantren untuk bisa memahami dan menguasai kitab kuning. Di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, pembelajaran kitab kuning merupakan bagian dari pembelajaran harian yang diterapkan di dalam kurikulum Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyyah (KMI), seperti kitab Bulughul Maram, Bidayatul Mujtahid, dan lainnya. Selanjutnya, untuk memperdalam dan mengembangkan wawasan para santri dalam mempelajari kitab kuning, pesantren melaksanakan kegiatan khusus untuk santri kelas 5 KMI yang disebut dengan Fathul Kutub At-Turats Al-Islamiy.

Fathul Kutub santri kelas 5 KMI diadakan di semester pertama. Pada tahun ini, acara Fathul Kutub santri kelas 5 KMI berlangsung selama 4 hari, dimulai pada hari Rabu (5/10) hingga hari Ahad (9/10). Kegiatan ini diikuti oleh 254 santri kelas 5 KMI dan 65 guru pembimbing yang terbagi menjadi 32 kelompok.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Wakil Direktur Pesantren, Ustadz H. Miftakhuddin, S.S., S.Pd.I., M.M., dan dilanjutkan dengan pengarahan beberapa materi Fathul Kutub seperti: Aqidah/Tauhid, Hadits, Fiqh, dan Tafsir.

Pembahasan kitab dan diskusi permasalahan-permasalahan tiap materi akan dimulai pada Sabtu (8/10). Maka untuk mempermudah pelaksanaannya, seluruh peserta dibagi dalam 4 unit atau syukbah, tiap unit terdiri dari 8 kelompok, dan setiap kelompok memiliki 8-10 peserta.

Melalui kegiatan ini, seluruh peserta diharapkan dapat memperluas wawasan keilmuannya, terutama dalam Kutub At-Turats, sehingga saat menghadapi problematika furu’iyah (cabang) dalam kehidupan sehari-hari, para santri tidak fanatik terhadap satu madzhab, namun mampu meneliti keabsahan madzhab sesuai dengan petunjuk dalam Qur’an dan Hadits.

Chat Via WhatsApp