Raudlah (18-19/08/2018). Salah satu rangkaian kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah adalah penyelenggaraan Pagelaran Aksi, Seni dan Kreasi Drama Arena yang dipersembahkan oleh santri-santriwati kelas V Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah. Pada tahun ini, Drama Arena mengangkat tema “Fihi Ma Fihi” yang merupakan judul dari karya fenomenal seorang sufi besar Islam yang sangat berpengaruh dan ternama Jalaluddin Rumi.

Acara Drama Arena 529 berhasil mendapat predikat mumtaz (istimewa) dari guru tim penilai, terutama Direktur Pesantren KH. Solihin Adin. Bapak Direktur memuji keberhasilan santri-santriwati kelas 5 KMI dalam menampilkan kreasi seni yang menghibur dan mendidik. Secara terpisah, Drama Arena untuk santriwati dilaksanakan pada Sabtu (18/8/18) setelah Isya’ di gedung serbaguna Pesantren, sedangkan santri putra dilaksanakan keesokan harinya di jam dan tempat yang sama.

Santri menampilkan beragam kreasi yang dikemas secara apik, di antaranya saman akbar, badike barat, illusion ring, drama kabaret, shalawat akbar, dan phantomim. Sedangkan santriwati mengajikan beberapa penampilan unggulan di antaranya mashup, drama kabaret, Sumatera culture, harmony line, drama, dan puisi. Penampilan mereka disempurnakan oleh iklan-iklan berbentuk video-video pendek dan lighting yang memukau.

Acara ini juga disiarkan secara langsung melalui akun-akun media sosial Pesantren. Direktur berharap di tahun berikutnya akan muncul inovasi dan kreatifitas baru dari santri-santriwati yang ditampilkan di Drama Arena. Ed.HS