Raudhah (20/1/24). Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik.

Dalam hal ini Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan mengadakan kegiatan studi banding ke Rahmat International Wildlife Museum and Gallery serta Medan Zoo pada Jum’at (19/1/24). Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari seluruh santriwati kelas 4 dan 3 Intensif KMI. Dimulai mengunjungi Museum Rahmat Gallery pada pukul 08.00 hingga 11.00 WIB serta dilanjutkan ke Lokasi kedua yakni Medan Zoo.

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery adalah museum yang didirikan oleh Dr. H. Rahmatsyah yang memiliki kecintaan pada alam dan niatnya mencegah kepunahan hewan langka. Museum ini terletak di Kelurahan Petisah Hulu, Medan Baru, Kota Medan. Konsep pendiriannya sama dengan Safari Club Internasional yaitu konservasi dengan pemanfaatan. Sedangkan Medan Zoo merupakan kebun binatang yang berada di Kota Medan.

Selain berkunjung, Seluruh santriwati mendapatkan tugas khusus yang akan dipersentasikan di dalam kelas masing-masing. Ustadz Irpan Khairuddin, M.Pd selaku pembimbing dari kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para santriwati mengenai berbagai animalia baik dari klarifikasi dan ciri cirinya serta melihat secara langsung dari materi yang telah diajarakan di dalam kelas.

Begitu juga yang dituturkan oleh Wakil Kepala Bidang Pendidikan Ustadz Muhammad Ilyas, S.Pd., M.Si, “Tujuan kegiatan ini adalah untuk melihat secara langsung dan mengenal berbagai hewan yang ada di dunia serta mencatat berbagai jenis nama ilmiah pada setiap hewan yang ada”.

Setiap santriwati harus mengamati apa yang ada disekitaran mereka dari membaca informasi berbagai hewan, membaca nama-nama ilmiah hewan, bertanya dengan Ustadz/Ustadzah, dan berdikusi dengan teman-teman.

Chat Via WhatsApp