Raudlah (24/11/18). Seluruh santri dan santriwati KMI Ar-Raudlatul Hasanah mengikuti ujian semester ganjil selama 3 minggu yang dimulai pada Sabtu (24/11) hingga Kamis (13/12). Ujian dilaksanakan dalam 2 bentuk; ujian lisan selama 1 minggu dan tulisan selama 2 minggu. ujian lisan diikuti oleh seluruh santri dari kelas 1 hingga kelas 5, sedangkan santri kelas 6 dilibatkan menjadi penguji pendamping guru untuk ruang ujian kelas 1 dan 2, dan sebahagian yang lain diperbantukan di kepanitiaan ujian.

Adapun materi yang diujikan pada ujian lisan adalah; bahasa Arab, bahasa Inggris, dan praktek ibadah. Dua minggu selanjutnya dilaksanakan ujian tulis, dan di waktu yang bersamaan, santri dan santriwati kelas 6 juga mengikuti ujian akhir periode pertama.

Satu minggu menjelang pelaksanaan ujian, seluruh kegiatan ekstrakurikuler dihentikan untuk sementara waktu hingga berakhirnya ujian guna menciptakan miliu belajar santri, dan kegiatan belajar malam dipusatkan di beberapa tempat dengan pengawasan dan bimbingan ustad dan ustadzah. Ed.HS