Raudhah (27/7/2023). Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah sejak lama telah memegang filosofi dari moto yang berbunyi “Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah di atas dan untuk semua golongan”. Moto itu diantaranya dapat dimaknai sebagai pemersatu ragam suku, asal daerah, dan kebiasaan santri/wati yang bermukim di Pesantren. Sejalan dengan moto tersebut, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah melaksanakan sebuah acara bertajuk Aneka Ria Nusantara yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Khutbatul ‘Arsy.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis malam (27/7) di tempat yang berbeda putra berada di gedung serbaguna yang di hadiri oleh Wakil Direktur Pesantren Ustadz Carles Ginting, BHSc., Bapak- bapak Kepala Bidang, Asatidz dan seluruh santri, dan putri berada di gedung Fatimah Lt. 3 dihadiri oleh Direktur Pesantren Ustadz KH. Solihin Adin, S. Ag., MM., Bapak- bapak Kepala bidang, para Ustadzah dan seluruh santriwati. Kegiatan ini mendukung santri/wati untuk saling mengenal adat dan istiadat sesama masyarakat Indonesia guna menumbuhkan rasa cinta para santri/wati pada negara Indonesia.

Acara Aneka Ria Nusantara ini berbentuk demontrasi bahasa, dimana beberapa orang santri/wati memakai pakaian adat daerah tertentu dan berbicara dengan bahasa daerah masing-masing. Diantaranya, bahasa Jawa, Padang, Karo, dan Aceh lengkap menggunakan pakaian adat masing-masing. Selain itu, ada juga penampilan tarian dan nyanyian daerah yang menambah acara semakin menarik.
Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, santri/wati bisa saling menghargai perbedaan adat dan istiadat dan dapat menumbuhkan rasa cinta pada negara Indonesia.

Chat Via WhatsApp