Raudhah (5/7/19). Setelah melewati masa liburan yang cukup panjang, seluruh santri diharapkan dapat mengikuti dan menjalankan sepenuhnya seluruh disiplin yang berlaku di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, tak terkecuali disiplin bahasa.

Dalam rangka mengefektifkan jalannya disiplin dan memotivasi santri untuk berbahasa Arab dan Inggris, Seksi Bahasa dan Muhadharah memberikan pengarahan di hadapan seluruh santri pada Jumat pagi (5/7/19) pukul 05.30 WIB setelah shalat Subuh. Pengarahan ini disampaikan dalam bahasa Inggris mengingat Jumat ini merupakan minggu berbahasa Inggris.

Pengarahan disiplin bahasa dilaksanakan secara terpisah antara santri lama dan baru, santri lama dari kelas 2 hingga 6 di depan gedung Al-Jihad, dan santri baru di depan gedung Al-Azhar.

Pengarahan bagi santri baru ditekankan kepada pemberian motivasi dan arahan agar mereka tidak malu dalam mempraktekkan dan menggunakan kosa kata dalam bahasa Arab dan Inggris yang telah mereka dapatkan dari asrama yang diberikan oleh para pengurus asrama, serta apa yang telah disampaikan oleh guru ketika belajar di kelas.

Setiap santri lama dari kelas 2 hingga 6 sudah harus berbahasa resmi, Arab dan Inggris setiap saat. Bagi mereka yang berbahasa selain dua bahasa tersebut akan mendapatkan sanksi mulai dari membuat karangan berbahasa Arab dan Inggris ataupun mencari dan menulis kosa kata melalui kamus.

Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah menjadikan bahasa Arab dan Inggris sebagai mahkota Pesantren yang harus tetap dijaga dan dikembangkan.