Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Fillah!

Ukhuwah Islamiyah Adalah Panca Keempat dari Lima Panca Jiwa Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah
Ukhuwah Islamiyah Adalah Panca Keempat dari Lima Panca Jiwa Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Kehidupan di Pesantren diliputi oleh suasana persaudaraan (Ukhuwah Islamiyah) yang akrab, sehingga segala kesenangan dirasakan bersama dengan adanya  perasaan keagamaan yang kuat. Ukhuwah Islamiyah tidak jauh dari kata persahabatan. Karena adanya jalinan persahabatan dapat mempererat Ukhuwah Islamiyah. Ini tidak hanya didapatkan selama di pesantren, tetapi juga sepulangnya dari pesantren kelak, yang terhimpun dalam Ikatan Keluarga Ar-Raudlatul Hasanah (IKRH). Ukhuwah Islamiyah ini adalah Panca keempat dari lima Panca Jiwa Pesantren Ar- Raudlatul Hasanah.

Sahabat adalah salah satu orang terpenting dalam kehidupan pribadi. Hal ini akibat dari fungsi kita sebagai manusia soSial yang tak pernah lepas dari lingkaran pergaulan, kita menemukan bahkan memilih seseorang yang tepat untuk dijadikan sahabat, agar hari-hari dilewati dalam sebuah pergaulan terasa lebih lengkap dan indah.Sahabat dalam islam adalah mereka yang dapat membuatmu lebih dekat dengan Allah SWT, bersama membina persahabatan diatas jalinan takwa.

Untuk itu, memilih teman/ sahabat baik adalah keharusan. Tidak semua orang bias kita jadikan sahabat dekat. Karena seorang Muslim yang ingin menyelamatkan agamanya hendaknya memilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat.“ Seseorang ada diatas agama temannya, maka hendaknya salah seorang kalian meneliti siapa yang dijadikan sebagai temannya. “ (HR. Ahmad dan Abu Dawud). Ed. Yakhumaira.

Leave a Reply