Suasana Qurban Dipesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Raudlah. Qurban adalah ibadah yang dilakukan pada saat hari raya haji tiba, yang mana hukumnya sunnah bagi yang mampu melaksanakannya.

suasana kurban di pesantren Ar-raudlatul hasanah
suasana kurban di pesantren Ar-raudlatul hasanah

Pesantren juga mengadakan ibadah qurban tiap tahunnya, yang  sebagian hewan qurbannya dibeli dengan kutipan dana wajib santri/santriwati untuk berqurban juga ada yang berasal dari wali santri/santri wati dan ustadz,ustadzh. pemotongan hewan qurban sendiri diadakan usai shalat Idul Adha bertepatan setelah makan pagi dilapangan bola belakang rumah ust. Joko kuncoro, (1/09).

Pada tahun ini pesantren mendapatkan hewan qurban sebanyak 25 hewan yang akan disembelih, 16 berupa lembu sedangkan sisanya berupa kambing,  9 lembu diberikan oleh santri/santri wati, wali santri dan juga masyarakat PayaBundung, 6 lembu lagi dihasilkan melalui hasil gabungan yang menghabiskan dana sebesar Rp114.500.000 dengan perincian Rp80.000.000 berasal dari santri danRp 34.500.000 dari para ustadz/ustadzah  sedangkan satu lembu lagi diberikan pesantren Tahfidz quran turki medan kepesantren setiap tahunnya atas dasar syiar islam, sedangkan kambing sendiri berasal dari pengumpulan uang santri beserta karyawan dapur, dimana terdapat empat kelas yang menyumbang 1 kambing /kelas diantaranya kelas 3D, 4B,6B, 6D. Dalam hal pembagian daging, diberikan kepada masyarakat paya bundung yamg mengalami nasib kalangan menengah kebawah dan juga kepada ustadz/ustadzah yang telah berkeluarga sedangkan 2 kambing diberikan kepada masyarakat tanjung balai dalam bentuk uang dikarenakan minimnya kegiatan berqurbaan didesa tersebut, kemudian 2 kambing lagi dikirim kepada penduduk Somalia yang tinggal diPaya Bundung, pesantren sendiri mengkonsumsi hewan qurban yang berasal dari daerah desa namukur Kecamatan Selesai, Binja, dengan alasan harga yag lebih murah sekitar Rp18.000.000 /lembu dibandingkan yang lain Rp20.000.000/lembu. Dalam hal dana terdapat sisa uang sebesar Rp9.000.000 digunakan sebagai gaji para pengkulit dan juga membeli alat-alat lainnya.

Pada tahun ini pesantren mendapatkan hewan qurban sebanyak 16 lembu 9 kambing, yang lebih banyak dibanding tahun lalu tahun sebelumnya  14 lembu 7 kambing, terkhusus untuk pengumpulan dana bagi santri agar qurban sendiri sebagai upaya menyemarakkan Idul Adha dan juga kebersamaan untuk belajar berkurban dengan menselisihkan sebagian uang jajan dan mengutamakan ibadah,  ed fapending/27&syam.