PENGASUHAN

Bidang Pengasuhan

Bidang Pengasuhan adalah wadah bimbingan dan penyuluhan (Guidance and Counseling) santri/santriwati yang dapat dimaknai sebagai lembaga yang mengawal realisasi materi pendidikan kedalam kehidupan santri/santriwati sehingga menciptakan jiwa mandiri, kreatif, terampil, dan religius sebagai kader-kader ummat Islam yang siap diterjunkan menuju masyarakat luas.

Pengasuhan merupakan bagian yang sangat vitarl dalam pendidikan terutama di Pesantren. Fungsi dan peranannya secara formal adalah terkait seluruh aktifitas santri/santriwati selama 24 jam. Sehingga, dalam menjalankan kegiatannya, pengasuhan didukung dan dibantu oleh biro-biro yang berada di bawah pengawasannya seperti biro konseling santri/santriwati, biro pramuka dan drumband, biro bahasa dan muhadharah, dan biro olahraga dan seni

Kepengasuhan Santri/Santriwati

Dalam kehidupan berasrama santri/santriwati, keberadaan pembimbing, pengayom dan pengarah adalah sesuatu yang penting. Melalui bidang pengasuhan, Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah memperhatikan hal tersebut dengan membentuk pengurus dari unsur Ustadz/ustadzah dan santri/santriwati. Keberadaan ustadz/ustadzah adalah sebagai pembimbing. Sedangkan keberadaan santri/santriwati sebagai pengurus adalah perwujudan kaderisasi pembimbing. Sementara santri/santriwati secara keseluruhan adalah objek bimbingan dan pengurusan yang masing-masing berada di asrama.

Leave a Reply