PENDIDIKAN

Bidang Pendidikan Bidang Pendidikan  adalah lembaga yang mengawal amanah besar berupa kualitas pendidikan dan pengajaran santri/santriwati. Bidang ini adalah central kegiatan keilmuan yang harus dijalani setiap pribadi santri/santriwati. Di bawah bidang ini, ada beragam biro yang dibentuk untuk membantu pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), yaitu Kulliyatul Mu'allimin al-islamiyah (KMI), Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Jam'iyyatul Qurra' wal Huffazh (JQH), Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa (LabFikib), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI) dan Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awwaliyah (MDTA).  
  • Biro Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (KMI)
Kulliyatu Mu'alimin Al-Islamiyah (KMI) merupakan poros bagi jalannya pendidikan dan pengajaran tingkat menengah di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, karena sejak didirikan, Pesantren ini sudah berikrar untuk menggunakan sistem KMI secara penuh. Semua kegiatan pendidikan dan pengajaran diatur dan dikontrol dari kantor ini, baik yang bersentuhan dengan santri maupun guru. Tidak heran jika KMI merupakan sentral aktifitas semua program pendidikan dan pengajaran di Pesantren.
  • Biro Madrasah Tsanawiyah
Biro ini bertanggungjawab mengkoordinir jalannya pendidikan dan pengajaran pada Madrasah Tsanawiyah, dengan berkoordinasi dan menginduk pada Departemen Agama.  
  • Biro Madrasah Aliyah
Biro ini bertanggungjawab mengkoordinir jalannya pendidikan dan pengajaran pada Madrasah Aliyah, dengan berkoordinasi dan menginduk pada Departemen Agama.  
  • Biro Laboratorium Fisika, Kima dan Biologi
Untuk mendukung pembelajaran di kelas, terutama dalam pelajaran eksakta, sejak awal Pesantren bercita-cita mendirikan laboratorium sains. Keinginan itu terwujud saat kunjungan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof. Dr. Ing. H. BJ. Habibi tahun 1994 ke Medan dalam rangka menjalin kerjasama antara BPPT dengan berbagai balai pendidikan guna meningkatkan mutu pembelajaran sains. Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah termasuk lembaga yang diberi amanah menerima bantuan peralatan laboratorium tersebut. Sejak itu, Pesantren selalu berupaya melengkapi peralatan dan bahan pratikum dalam bidang studi Fisika, Kimia dan Biologi, baik melalui bantuan pemerintah maupun swadaya Pesantren. Sesuai dengan hasil laporan Tim DIKNAS saat hendak memberikan mu'adalah (pengakuan) ijazah KMI, laboratorium FIKIB Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah termasuk yang terlengkap dibanding pesantren-pesantren lainnya.  
  • Biro Laboratorium Bahasa
Bahasa pengantar dan komunikasi di Pesantren ini adalah bahasa Arab dan Inggris, sehingga Pesantren menjadikannya sebagai 'mahkota'. Untuk itu Pesantren selalu berusaha melakukan inovasi, baik teoritis maupun praktis, dalam menjaga mahkota tersebut. Salah satunya adalah dengan mendirikan Laboratorium Bahasa, agar pengajaran bahasa Arab dan Inggris lebih akurat dan tepat. Agar seimbang, Pesantren memberlakukan bahasa mingguan bagi santri; English week dan Arabic week, di mana santri harus menggunakan bahasa Arab atau Inggris pada minggu yang sedang berjalan. Alhamdulillah, awal tahun 2005 Pesantren mendapatkan apresiasi Departemen Pendidikan Nasional dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran berupa bantuan  seperangkat peralatan 'Laboratorium Bahasa' sebanyak 20 unit. Saat ini, Pesantren telah menambah sarana yang dibutuhkan sehingga telah terwujud dua laboratorium untuk masing-masing santri dan santriwati.  
  • Biro Pendidikan Anak Usia Dini
Biro ini didirikan pada 19 November 2006 berdasarkan atas bantuan Departemen Pendidikan Nasional berupa dana pendirian Balai Pendidikan Anak Usia Dini. Pemilihan Pesantren sebagai penyelenggara program ini karena sudah terbukti amanah dan dapat dipercaya dalam mengelola setiap bantuan. Di samping itu, Penduduk Pesantren yang sedang dalam masa produktif sangat cocok dengan pembukaan program ini dalam mendukung kelangsungan Pendidikan dan Pengajaran di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.
  • Biro Madrasah Diniyah Awaliyah
Merupakan lembaga yang bertugas dan bertanggungjawab atas proses belajar mengajar anak-anak didik MDA beserta administrasinya.  
  • Biro Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh
Merupakan lembaga yang bertugas dan bertanggungjawab atas pembinaan bakat dan minat santri dan santriwati dalam menghafal al-Qur’an.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *