KESEJAHTERAAN & PEKERJAAN UMUM (KPU)

Bidang Kesejahteraan & Pekerjaan Umum (KPU), merupakan lembaga yang bertugas dan bertanggungjawab terhadap pengadaan, pemeliharaan, pengembangan segala kekayaan fisik Pesantren serta kesejahteraan keluarga Pesantren dengan pelayanan optimal melalui biro-biro di bawahnya, antara lain;

  • Biro Pembangunan

Biro ini bertanggungjawab terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pergedungan dan sarana pendidikan lainnya yang dibutuhkan oleh Pesantren. Di samping itu, biro ini juga bertanggungjawab terhadap penjagaan dan pemeliharaan fasilitas yang dimiliki Pesantren. Tercatat pada tiap tahunnya, Pesantren menghabiskan dana rata-rata 2 milyar rupiah lebih untuk pembangunan, termasuk pemeliharaan beberapa sarana dan prasarana yang ada (maintenance).

  • Biro Konsumsi

Biro ini bertanggungjawab terhadap pelayanan konsumsi santri, guru dan karyawan. Juga bertanggungjawab terhadap konsumsi pada acara-acara Pesantren, dan bagi tamu-tamu Pesantren. Dengan pengelolaan yang ketat, biro ini selalu menuai berkah. Sisa iuran bulanan santri dapat disumbangkan seluruhnya untuk pengembangan dan perluasan areal tanah wakaf Pesantren.

 

  • Biro Balai Pengobatan Santri dan Masyarakat (BPSM)

Biro ini menangani pelayanan kesehatan santri, guru dan karyawan, bahkan terhadap masyarakat sekitar Pesantren melalui pengelolaan Balai Pengobatan Santri dan Masyarakat (BPSM). BPSM berdiri pada tahun 1993, yang merupakan bantuan dari Lembaga Bantuan Arab Saudi melalui perwakilan Jakarta berupa dana sebesar Rp. 60.000.000,00. Sejak didirikan, BPSM berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan mendatangkan dokter tetap dengan berbagai spesialisasi (Umum, Gigi, Paru dan lain-lain), dan bekerja sama dengan beberapa lembaga kesehatan (Klinik, Rumah Sakit, Laboratorium) di Kota Medan.

  • Biro Inventarisasi

Biro ini bertanggungjawab atas pendataan aset-aset Pesantren baik yang bergerak maupun tidak, sehingga melalui Biro ini, usaha untuk melestarikan asset ummat dapat berjalan dengan baik.

  • Biro Kebersihan dan Tata Lingkungan

Biro ini bertugas dan bertanggungjawab terhadap pengelolaan instalasi air dan listrik, kebersihan serta tata lingkungan Pesantren.

  • Biro Balai Pengobatan Santri dan Masyarakat

Biro ini bertugas dan bertanggungjawab dalam urusan dan pelayanan kesehatan santri, guru, karyawan dan masyarakat.

Leave a Reply