Gebyar Muharram Dan HUT Ke-35 Ar-Raudlatul Hasanah Memukau

Upacara Peringatan 1 Muharram di RH
Upacara Peringatan 1 Muharram di RH

       Kegiatan acara ini dimulai pada hari Selasa dan rabu (27-28/9) dengan pelaksanaan beberapa perlombaan antara lain; bola voli, kasti, dan senam. Pada hari Kamis (29/9) kegiatan dilanjutkan dengan Khataman Al-Quran yang diikuti oleh seluruh santri dan guru di masjid Pesantren dimulai pukul 14.00 wib sampai dengan 16.30 wib. Pada Jum’at pagi (30/9) dari pukul 09.00 wib sampai dengan 11.30 wib kembali digelar perlombaan-perlombaan meliputi atas; penulisan opini, puisi, musik kreatif, kaligrafi, scrabble, Ma Ra’yuka (penyampaian pendapat terhadap suatu masalah dalam bahasa Arab), Islamic Fashion Show.

Santri-Santriwati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah pada Saat Haflah Tilawah di Mesjid
Santri-Santriwati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah pada Saat Haflah Tilawah di Mesjid

       Pada Ahad dini hari (2/10) seluruh santri dan santriwati dan guru melaksanakan shalat tahajjud berjamaah di masjid mulai pukul 03.30 wib, bertindak selaku imam Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Al-Ustadz H. Solihin Adin, S.Ag, dan dilanjutkan dengan penyampaian taushiah berkaitan dengan peringatan tahun baru hijiriyah oleh Al-Ustadz H. Qosim Nursheha, Lc., M.Ud hingga menjelang waktu shalat Subuh.

Pelepasan Lomba Gerak Jalan 1 Muharram 1438 oleh Bapak. Ir. Ahmad Prana Rulianto Tarigan
Pelepasan Lomba Gerak Jalan 1 Muharram 1438 oleh Bapak. Ir. Ahmad Prana Rulianto Tarigan

      Pada pukul 06.30 wib seluruh santri berkumpul di depan gedung serbaguna dan santriwati di depan gedung Rabi’ah Adawiyah diikuti oleh seluruh guru, walikelas dan staff guna melaksanakan upacara dan pelepasan parade barisan tiap-tiap kelas. Pimpinan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Ir. H. Ahmad Prana Rulianto Tarigan dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh santri agar dapat mensyukuri perkembangan Pesantren dengan meningkatkan ibadah, semangat belajar dan prestasi di segala bidang karena dengan demikianlah kita dapat menjawab tantangan zaman dan memakmurkan bumi Allah Swt. Lebih lanjut ia berpesan kepada seluruh santri agar mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober2016 sampai dengan 8 November 2016.

       Seluruh santri dan santriwati mengikuti parade barisan didampingi walikelas melalui rute sekitar Pesantren. Parade barisan ini mendapatkan penilaian dari para juri guru di pos-pos yang telah ditentukan. Seusai parade barisan seluruh santri dan santriwati beserta walikelas menyantap sarapan pagi bersama di ruang makan. Kehadiran walikelas mendapatkan sambutan yang hangat dari seluruh santri dan menambah keakraban diantara mereka.

Pembagian Hadiah Perlombaan 1 Muharram 1438 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah
Pembagian Hadiah Perlombaan 1 Muharram 1438 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

     Seusai shalat Maghrib berjama’ah di mesjid, dilaksanakan Haflah Tilawatil Qur’an, menampilkan 3 orang Qori’ tingkat Nasional, dari Golongan anak-anak: Abdi Nugroho, golongan remaja: Novandra, golongan dewasa: H.M. Kasad Lubis, yang membacakan beberapa ayat Al-Qur’an diselingi dengan penampilan shalawat oleh grup Penghafal Al-Qur’an santri Ar-Raudlatul Hasanah. Seusai shalat Isya acara dilanjutkan dengan ceramah umum yang disampaikan oleh Dr. H. Azhar Sitompul, MA dan diakhiri dengan pemberian hadiah bagi para pemenang perlombaan, dan penyerahan hasil sumbangan santri, guru, dan tamu untuk Suriah.

Tujuan Kegiatan:

  1. Memperingati peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw dari Makkah ke Madinah sebagai momentum dan tonggak kebangkitan Islam dan menjadi spirit dalam menjalani kehidupan.
  2. Memperingati hari jadi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang ke-35 (18 Oktober 1982-2016) sekaligus evaluasi atas ketercapaian pelaksanaan program dan prestasi dan dalam rangka menyatukan derap langkah menuju Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang lebih maju. Id. U.Habibie

One Reply to “Gebyar Muharram Dan HUT Ke-35 Ar-Raudlatul Hasanah Memukau”

Leave a Reply