Bahasa & Muhadharah

Bahasa dan Muhadharah

Biro Bahasa da Muhadharah adalah biro yang berada di bidang Pengasuhan dengan fungsi meningkatkan dan membina kemampuan berbahasa Arab dan Inggris santri/santriwati sepanjang hari.

a. Pembina Bahasa

Pemberian Mufradat dan Pelaksanaan Muhadatsah

Bahasa Arab dan Inggris adalah mahkota Pesantren. Untuk mewujudkan motto tersebut, Pesantren senantiasa memberikan tiga kunci dasar, yaitu :

  1. Kuasai bahasa dasar
  2. Praktekkan dalam keseharian
  3. Jangan malu

Pemberian mufradat dan pelaksanaan muhadatsah adalah diantara cara menguasai tiga kunci dasar tersebut.

Penerbitan Majalah Dinding An-Nahdhah

Majalah An-Nahdah merupakan salah satu karya tulis dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Majalah ini hadir ketengah santri/wati  untuk meningkatkan miliu berbahasa. Bagian Penerangan dan Bagian Bahasa OPRH menjadi redaktur pelaksana majalah dibawah arahan Musyrif Bahasa.

Pelatihan Pidato 3 Bahasa

Kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah Muhadharah. Dilakukan di kelas-kelas yang telah ditentukan, dalam kegiatan ini santri/santriwati dilatih dan diajarkan untuk berbicara di depan santri/wati lain dengan menggunakan tiga bahasa yang berbeda di tiga waktu latihan yang berbeda pula. Malam senin untuk bahasa Inggris, kamis siang untuk Bahasa Arab, kamis malam untuk Bahasa Indonesia. Selain berlatih pidato, dalam kegiatan ini, santri/wati juga dilatih untuk menjadi pembawa acara dalam agenda-agenda resmi.

ORISKORH

Oriskorh adalah sebuah kelompok orator di bawah bimbingan bagian bahasa dan muhadharah Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas santri/wati dalam beretorika.

Pembentukan Klub Bahasa

Faktor lingkungan memberikan pengaruh besar dalam dunia pendidikan. Selain mewajibkan setiap santri/wati untuk menggunakan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari, Pesantren melalui Biro Bahasa dan Muhadharah juga membentuk Klub Bahasa yang menjadi wadah peningkatan bahasa bagi santri/wati pilihan.

b. Pemberian Pelatihan

Toefl Clinic

Pengembangan kemampuan santri/wati didalam berbahasa Inggris merupakan salah satu prioritas utama musyrif Bahasa. Maka, pada tanggal 9-10 Februari 2015, musyrif bahasa bekerjasama dengan Direktur Paradise Institue, mengadakan pelatihan TOEFL Clinic. Pelatihan ini fokus pada simulasi ujian TOEFL dan juga seminar singkat terkait trik-trik menjawab soal-soal TOEFL.

c. Pelaksanaan Mahkamah

Mahkamah adalah kegiatan untuk memberikan kesadaran bagi santri/wati yang tidak menggunakan bahasa resmi. Kegiatan ini dilakukan setelah ashar setiap hari untuk pelanggar dari santri/wati kelas I-IV KMI dan setelah maghrib untuk pelanggar dari santri/wati kelas V-VI. Kegiatan sore hari dilakukan di bawah pengawasan penggerak bahasa rayon dan pengurus pusat bagian bahasa, sedangkan setelah shalat Maghrib dengan bimbingan Language Advisory Council (LAC). Hukuman yang diberikan bermacam-macam dengan tujuan pendidikan.

d. Pelaksanaan Ujian

Ujian merupakan kegiatan yang dapat mengevaluasi pencapaian proses pembinaan sekaligus gambaran umum mengenai kemampuan santri/wati untuk menyerap materi pembinaa. Biro bahasa dan muhadharah melaksanakan ujian dalam format bilingual dan dilakukan sekali dalam setahun secara tertulis. Selanjutnya, dari ujian ini, dipilih santri/wati yang mencapai nilai tertinggi dan pengurus-pengurus terbaik dalam melaksanakan pembinaan bahasa terbaik dala melaksanakan pembinaan bahasa terbaik di setiap asrama untuk diberikan penghargaan.

e. Pengadaan Lomba

Language Expo

Language Expo adalah pesta bahasa bagi santri/wati yang dilaksanakan oleh CLI. Kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan dalam rangka menimbulkan gairah mereka dalam berbahasa. Kegiatan ini diformat dalam bentuk perlombaan dalam bahasa Arab dan Inggris yang diikuti oleh peserta utusan asrama,kelas, kelompok ataupun individu. Program ini diadakan setahun sekali dengan tujuan dasar pengembangan kemampuan berbahasa santri/wati.

Lomba Pidato 3 Bahasa (LP3B)

Diantara kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa santri/wati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah adalah Lomba Pidato 3 (Tiga) Bahasa yang dilaksanakan oleh Biro Bahasa dan Muhadharah dengan panitia yang berasal dari kelas IV (Empat) dan III (Tiga) Intensif KMI. Kegiatan ini diadakan dengan pelaksanaan yang terbagi menjadi tahap penyisihan dan final.

Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK)

Sebagai tindak lanjut pembinaan bahasa terkhusus dalam pengkajian kitab turats (klasik atau kitab kuning) yang menjadi salah satu ciri Pondok Pesantren, biro Bahasa dan Muhadharah mengadakan perlombaan MQK yang diikuti santri/wati. Perlombaan ini terdiri dari lima materi, yaitu Tafsir dengan buku Tafsir Ibn Katsir, Hadist dengan buku Syarh Nawawi, Fiqh dengan buku Kifayatul Akhyar, Akidah dengan buku Ihya Ulum al-Din dan Bahasa Inggris dari beberapa artikel.

Drama Antar Rayon

Perlombaan drama antar rayon merupakan untuk memacu dan menggali potensi kemahiran berbahasa santri/wati yang ditunjukkan dalam dialog dan peran. Kegiatan ini diselenggarakan oleh bagian bahasa bekerjasama dengan bagian OPRH lainnya dengan pembimbing ustadz/ah santri/wati dari Biro Bahasa dan Muhadharah. Perlombaan ini menggunakan bahasa resmi, Arab dan Inggris. Arab untuk santri dan Inggris untuk santriwati.

Leave a Reply