LITBANG

Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG)

Bidang yang dibentuk tahun 1994 ini merupakan think tank bagi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Dari bidang ini diharapkan muncul konsep-konsep yang dibutuhkan untuk pengembangan pendidikan dan pengajaran di Pesantren, baik berupa gagasan murni maupun hasil dari penelitian. Di samping itu, bidang ini juga menangani pengembangan ilmiah santri dan guru melalui berbagai kegiatan ilmiah dan penerbitan jurnal Pesantren dan majalah santri.

Berikut biro-biro yang ada di bidang LITBANG :

  • Biro Teknologi Informasi & Jurnalistik (TIJ)

Biro ini bertanggungjawab terhadap pengembangan minat dan bakat santri, melalui berbagai kegiatan antara lain; kursus komputer di “Raudhah Computer Center” (RCC) yang telah ada sejak tahun 1996, pembinaan skill menulis santri melalui pelatihan pers dan jurnalistik tingkat dasar, penerbitan koran santri ‘Raudhah Pos’ (RDP) dan penerbitan majalah santri ‘MATLA’. Semua penerbitan tersebut benar-benar dikelola dan diusahakan oleh santri sebagai bentuk pelatihan dan pengembangan bagi mereka.

 

  • Biro Syllabus

Biro ini berperan dalam menelaah kurikulum KMI, mengusulkan perubahan dan pengembangan kurikulum kepada Direktur, Majelis Pengasuh, supervisor mata pelajaran dan Tim Kurikulum. Di samping itu, Biro ini juga mengkoordinir guru-guru dalam penyusunan dan pengadaan diktat pelajaran, dengan tujuan penyamaan persepsi dan keterangan antar guru.

 

  • Biro Perpustakaan

Biro ini menangani pengelolaan Perpustakaan Pesantren, dari pembelian buku, proses katalogisasi sampai pengelolaan santri. Di samping itu juga berperan dalam pembinaan ilmiah santri melalui kelompok-kelompok kajian santri yang dibinanya.

 

  • Biro Kaderisasi

Biro ini berperan untuk memonitor dan menyaring calon-calon kader untuk diusulkan kepada Direktur dan Majelis Pengasuh, untuk kemudian diteruskan kepada Majelis Pimpinan dan Badan Wakaf. Juga berkoordinasi dengan Direktur dalam pembinaan kader selama dalam masa studi dan pemberdayaannya saat mengabdi di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>