MAs

Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah berdiri sejak tahun 1989. Sejak saat itu sampai sekarang Madrasah Aliyah selalu mendukung program Pesantren dalam mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran.

Alhamdulillah, Madrasah Aliyah memiliki piagam akreditasi madrasah dengan predikat A yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Madrasah. Predikat tersebut merupakan hasil dari kerja keras seluruh komponen pendidikan di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.

Dalam peranannya mendukung sistem pendidikan di Pesantren, Madrasah Aliyah menjalankan kegiatan-kegiatan korikuler, dan ekstrakurikuler yang terstruktur dan terencana. Adapun beberapa kegiatan Madrasah Aliyah yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  • Tes Potensi Akademik (TPA) untuk Pemilihan Jurusan

Tes Potensi Akademik adalah suatu tes yang digunakan untuk mengukur minat, bakat, kemampuan, dan kecerdasan (IQ). Tes ini diikuti oleh seluruh santri/wati kelas IV dan III Intensif (Kelas X MA) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan bakat mereka dalam pemilihan jurusan IPA atau IPS. Hasil TPA tersebut menunjukkan tingkat kecerdasan siswa yang rata-rata, di atas rata-rata, dan superior dengan kisaran IQ 100 sampai dengan 129. Hasil TPA inilah yang digunakan sebagai data pendukung selain nilai hasil belajar dalam pemilihan jurusan di kelas V (XI MA).

  • Penyaringan Siswa Berprestasi

Madrasah Aliyah Swasta Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah memberikan kesempatan bagi siswa/i kelas VI (XII MA) yang berprestasi untuk meneruskan studi ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTAIN), dan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Alhamdulillah setiap tahunnya ada beberapa siswa/i kita yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur tersebut.

  • Ujian Nasional

Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara Nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Seperti sekolah-sekolah pada umumnya, MAS. PP Raudhatul Hasanah juga menyelenggarakan Ujian Nasional.

  • Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Alhamdulillah mulai tahun 2013 MAS PP Raudhatul Hasanah memperoleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang telah digunakan untuk :

  1. Operasional Madrasah Aliyah
  2. Pengiriman siswa dalam Lomba Pidato Tiga Bahasa di Pesantren Darun Najah Jakarta
  3. Pelaksanaan TPA untuk penentuan jurusan
  4. Tambal sulam bangunan Madrasah
  5. Penyelenggaraan Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK)
  6. Pengadaan Portopolio siswa
  7. Pembelian peralatan olahraga dan seni
  8. Pembelian buku-buku perpustakaan
  9. Pembelian buku muraqobah siswa
  10. Pembelian alat-alat laboratorium Biologi, Kimia dan Fisika
  11. Kegiatan olimpiade KMI
  12. Lomba karya tulis ilmiah santri
  13. Pelatihan Santriwati dalam tata boga
  14. Penyelanggaraan Ujian Semester Ganjil dan Genap
  15. Pembelian hadiah bagi siswa/i berprestasi pada ujian semester ganjil dan genap
  16. Pengadaan buku praktek mengajar bagi siswa kelas akhir
  17. Pelatihan jurnalistik kelas IV dan III Intensif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>