Hujan Lebat Membuat Cross country terganggu

Raudlah. Cross Country dalam pramuka merupakan penjelajahan yang harus diikuti oleh setiap peserta KMD (Kursus Mahir Dasar), pelepasan kontingen putra dilaksanakan tepat setelah shalat jum’at ditunaikan sedangkan putri sudah sejak jum’at pagi, jalur yang ditempuh berada disekitar tempat bumi perkemahan. Sebanyak 326 peserta terdaftar mengikuti KMD tapi yang mengikuti cross country hanya 277 peserta dikarenakan 5 orang sakit, 32 orang sebagai picket tenda sedangkan sisanya sebanyak 12 orang ikut membantu dalam pembuatan api unggun, (15/09). Continue reading “Hujan Lebat Membuat Cross country terganggu”

KMD TAHUN INI SUKSES

RAUDLAH.Tepat padasabtu lalu, peserta kursusmahir tingkat dasar dinyatakan sukses sebagai pembina oleh pelatih dan panitia kmd padatahun ini.(17/9)

Hal ini dibuktikan dengan lulusnya seluruh peserta kursus mahir tingkat dasar sebagai pembina yang berjumlah 674 peserta, terdiri dari 326 santri dan 348 santriwati yang berasal dari dalam pesantren maupun luar pesantren.”Walaupun pernyataan kelulusan peserta kmd ini tidak secara langsung diumumkan dihadapan para peserta kmd yang disebabkan ketidakhadiranya seorang pelatih yang akan mengumumkan kelulusan merekapada kalaitu, akan tetapi kursus mahir tingkat dasar tahun ini tetap sukses karna peserta kmd tahun ini lulus semua”.’ujar panitia kmd. Continue reading “KMD TAHUN INI SUKSES”

PESRTA KMD TIBA DI PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH

RAUDLAH.Setelah melakukan beberaoa kegiatan yang berkenaan tantang krprmukaan selam 4 hari, pesrta kursus mahir tingkat dasar tiba dipesantren ar-raudlatul hassanahtepat pada pukul 17.30 wib.(17/9)

Di kabupaten pancur batu tepatnya didesa sugau menjadi sebuah markaz bagi pesrta kursus mahir dasar tahun ini melakukan kegiatan kepramukaan. tidak berbeda dengan tahun lalu, kali ini kalike-3 pesantren mengadakan kmd didesa tersebut. Continue reading “PESRTA KMD TIBA DI PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH”

Kelas 6 Mengadakan Pra PG Bukti Persiapan Telah Matang

Raudlah. Menjelang akan diadakan  puncak acara khutbatul ‘arsy pekan depan, santri kelas akhir pesantren selaku aktor dalam acara PG (panggung gembira) semakian antusias Mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam acara akbar PG (Panggung Gembira) tahun ini, baik dalam hal acara, dekorasi dan pernak- pernik lainnya guna mensuksesksan dan memeriahkan acara yang setahun sekali diadakan ini. Semakin dekat acara ini, menjadikan semangat mereka semakin membludar, terlihat dari segi pengadakan pra PG pada jumat lalu setelah makan siang didepan GSG (Gedung Serba Guna) yang menakjubkan sehingga menarik perhatian ribuan penonton penonton yang bersal dari kalangan santri dan wali santri yang sedang bertamu, (1/09). Continue reading “Kelas 6 Mengadakan Pra PG Bukti Persiapan Telah Matang”

Suasana Qurban Dipesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Raudlah.Qurban adalah ibadah yang dilakukan pada saat hari raya haji tiba, yang mana hukumnya sunnah bagi yang mampu melaksanakannya. Pesantren juga mengadakan ibadah qurban tiap tahunnya, yang  sebagian hewan qurbannya dibeli dengan kutipan dana wajib santri/santriwati untuk berqurban juga ada yang berasal dari wali santri/santri wati dan ustadz,ustadzh. pemotongan hewan qurban sendiri diadakan usai shalat Idul Adha bertepatan setelah makan pagi dilapangan bola belakang rumah ust. Joko kuncoro, (1/09). Continue reading “Suasana Qurban Dipesantren Ar-Raudlatul Hasanah”

Panggung Gembira 627 Mumtaz

Raudlah. Setelah  sebulan lebih latihan maksimal , santri kelas 6 akhirnya bertemu dihari yang dinanti untuk menampilkan apa yang telah dilatih selama 5 minggu ini. Pada tahun ini PG (Panggung Gembira) yang disaksikan oleh ribuan santri juga para tamu,ustadzh/ustadzah mendapatkan nilai yang mumtaz, hal ini disampaikan langsung oleh Ust. Hamid Adam di GSG (Gedung Serba Guna)pada saat akhir acara, selaku ustadz yang menilai Panggung Gembira, begitu juga halnya PG Santriwati 6 mendapatkan hasil yang sama, (8/09). Continue reading “Panggung Gembira 627 Mumtaz”

Panggung Gembira 627 peduli Rohingya

Raudlah. Kemegahan panggung gembira terlihat melalui backgroundnya yang berdiri tegak menemani acara-acara yang ditampilkan , dalam pegelaran PG ( Panggung Gembira) tahun ini, para pembimbing dan santri kelas enam sepakat mengadakan pengumpulan dana sebagi donasi kepada saudara yang berada diRohingya,Myanmar. Pengumpulan dana yang mencapai Rp 15.800.000 dilakukan oleh santri kelas 6 dan 5 yang bertugas  dengan perincian sebesar Rp7.100.000   terkumpul ketika PG santri berlangsung, sedangkan sisanya sebesar Rp8.700.000 ketika PG Santriwati,  (8/09). Continue reading “Panggung Gembira 627 peduli Rohingya”

Pembagian Hadiah Ujian Mufrodat

 

Para santriwati terbaik dalam ujian mufordat berfoto bersama bagian dan pembimbing bahasa.
Para santriwati terbaik dalam ujian mufordat berfoto bersama bagian dan pembimbing bahasa.

 

 

Raudlah. Ujian mufrodat ( kosa kata) ini dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu setiap akhir semester tahun pelajaran. Ujian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan santri dalam berbahasa melalui pemberian kosa kata harian yang diberikan oleh pengurus bagian bahasa asrama setelah belajar les ke-8 siang hari dan selesai sebelum menjelang adzan untuk sholat ashar tiba di asrama masing-masing.  

Biro bahasa dan muhadharah melaksanakan ujian dalam format bilingual dan dilakukan secara tertulis. Selanjutnya, dari ujian ini, dipilih santri/wati yang mencapai nilai tertinggi dan pengurus-pengurus terbaik dalam melaksanakan pembinaan bahasa di setiap asrama untuk diberikan penghargaan. Continue reading “Pembagian Hadiah Ujian Mufrodat”

PAGELARAN SENI DRAMA ARENA 628 SANGAT MENYENTUH

 

Pagelaran Drama Arena 528 " WE ARE MUSLIM"
                                               Pagelaran Drama Arena 528 ” WE ARE MUSLIM”

 

Raudlah. Setiap tahun, rangkaian acara khutbatul arsy selalu ditutup dengan dua pagelaran spektakuler yang ditampilkan santri/wati kelas 5 dan 6. Drama arena merupakan pagelaran seni oleh santri/wati kelas 5 sebagai bukti tanda solidaritas yang tinggi dan sebuah ajang penuh gengsi. Pada tahun ini Drama Arena 528 mengangkat tema “WE ARE MUSLIM” yang diketuai oleh Rizky Dea Novita , Marhamah Pujana, dan Tazkiyatun Nisa. Acara ini dilaksanakan di gedung serba guna selepas Isya’ tepat dan dihadiri oleh seluruh santriwati dari kelas 1 sampai kelas 4 beserta seluruh dewan guru. (25/08)

Adapun tertib acara Drama Arena Putri 628 pada tahun ini adalah sebagai berikut :

1.      Nasyid

2.      Kata Sambutan Ketua Putri

3.      Kata Sambutan Direktur Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah

4.      MC

5.      Pembukaan Secara Simbolis

6.      Tari Persembahan

7.      Grand Opening

8.      Puisi

9.      Bapintok

10.   Drama Asiyah

11.   Masquared

12.   Voice Combination

13.   Drama Kabaret

14.   Shalawat

15.   Tracking Hand

16.   Folksong

17.   Doa

Adapun acara baru yang ditampilkan pada tahun ini adalah masquared, voice combination dan tracking hand. Dikarenakan Drama Arena tahun ini mengangkat tema “WE ARE MUSLIM” santriwati kelas 5 banyak menampilkan video-video yang berkaitan dengan perjuangan islam seperti, Aksi Damai 212, peperangan di Syriah, larangan cadar untuk waniuta muslimah, dan santriwati kelas 5 mengangkat drama mengenai kisah Asiyah istri Fir’aun yang mempertahankan keimanannya.

Continue reading “PAGELARAN SENI DRAMA ARENA 628 SANGAT MENYENTUH”