Brosur Pendaftaran Calon santri/wati 2017

Brosur Pendaftaran Calon santri/wati 2017

Assalamu’alaikum wr. wb. Sekretariat Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar-Raudlatul Hasanah telah menerbitkan brosur penerimaan santri/wati baru untuk tahun ajaran 2017-2018. More »

SELEKSI MUSABAQAH HIFZHIL QURAN KE-3 ANTAR PESANTREN DAN LEMBAGA TAHFIZ    DI 14 WILAYAH SE-INDONESIA

SELEKSI MUSABAQAH HIFZHIL QURAN KE-3 ANTAR PESANTREN DAN LEMBAGA TAHFIZ DI 14 WILAYAH SE-INDONESIA

Pendaftaran peserta MHQ dapat dilakukan pada panitia wilayah di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan atau jutlak dapat juga didownload dari website: raudhah.ac.id dan penyerahan dokumen pendaftaran dapat diantar langsung atau dikirim melalui via email: sekretarispusatraudhah@gmail.com. More »

Amaliyah Tadris

Amaliyah Tadris

Sambutan Drs. KH. Rasyidin Bina, MA Pada Pembukaan Amaliyah Tadris Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Medan. Sumatera Utara. Indonesia More »

Gedung Serba Guna Pon. Pes. Ar Raudlatul Hasanah

Gedung Serba Guna Pon. Pes. Ar Raudlatul Hasanah

Gedung serba guna/ gedung olah raga pesantren arraudlatul hasanah ini, adalah gedung yang berfungsi untuk berbagai kegiatan santri dan santriwati pesantren More »

Ar-Raudlatul Hasanah Memperoleh Izin Pendirian Sekolah Tinggi

Ar-Raudlatul Hasanah Memperoleh Izin Pendirian Sekolah Tinggi

Kemenag RI menyerahkan SK Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah, Medan. Rabu, 18 Januari 2017 More »

Pengumuman Kenaikan Kelas Santri/wati Raudhah dari kelas 1 s/d Kelas 4

Pengumuman Kenaikan Kelas Santri/wati Raudhah dari kelas 1 s/d Kelas 4

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Mohon di share dan di beritahukan kepada sanak family, teman sejawat, jiran tetangga, tentang informasi di atas. More »

 

Panjat Pinang Merupakan Warisan Belanda?

Meski dilakukan hampir setiap tahun, tak banyak masyarakat Indonesia sadar asal mula tradisi perayaan 17 Agustus tersebut. Padahal, beberapa jenis perlombaan sebenarnya punya sejarah dan filosofi tersendiri. Dari mana awal mulanya?

Santriwati Meriahkan Perlombaan ’17 Agustusan’ Satu Hari Jelang HUT RI

Raudhah- Menjelang Hari Ulang Tahun RI yang ke-72, aneka ria perlombaan bersemarak didalamnya demi merayakan hari kemerdekaan Indonesia sebagaimana mestinya. Namun, meski dilakukan hampir setiap tahun, tak banyak masyarakat Indonesia sadar asal mula tradisi perayaan 17 Agustus tersebut. Dari mana awal mulanya?

Good Character, For Indonesia To Be Better

Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun RI di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Raudlah-Perayaan hari kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus adalah hari besar bagi negara indonesia,.hari peringatan kemerdekaan indonesia ini dirayakan di seluruh penjuru indonesia.upacara dan pengibaran bendera dilaksanakan hampir di  setiap sekolah maupun perkantoran sebagai bentuk penghormatan akan jasa para pahlawan.perlombaan-perlombaan penuh nyali dan kreatifitas juga diadakan demi memeriahkan hari besar indonesia.di pesantren Ar-Raudlatul – Hasanah, 17 agustus merupakan acara berbentuk kepanitiaan  yang diamanahkan kepada santri kelas 4 dan 3 intensiv dengan bimbingan ustad/ustazah tiap tahunnya. Pada tahun ini, upacara dilaksanakan di lapangan hijau seperti tahun- tahun sebelumnya.upacara berjalan lancar dengan pemimpin acara dari panitia dan pembina upacara yaitu ust. Rasyidin Bina, MA selaku direktur pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.seluruh peserta upacara baik ustad/ustazah maupun santri/wati menggunakan baju pramuka dikarenakan bertepatan pada hari kamis.

Aneka Ria Lomba, Semarakkan Hari Menjelang Ulang Tahun RI

Salah Satu Lomba dalam Menyemarakkan HUT RI ke-72 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Raudhah- Menjelang Hari Ulang Tahun RI yang ke- 72, kegiatan  santriwati pondok pesantren Ar-Raudlatul Hasanah  adalah mengikuti perlombaan-perlombaan yang seru dan  menantang. Acara ini dibentuk setiap tahun untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

ANEKA RIA NUSANTARA, SUARA ANAK BANGSA!

Raudlah. Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah sejak lama telah memegang filosofi dari motto yang berbunyi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah di atas dan untuk semua golongan. Motto itu diantaranya dapat dimaknai sebagai pemersatu ragam suku, asal daerah, dan kebiasaan santri/wati yang bermukin di pesantren. Selain dengan motto tersebut, pesantren Ar-Raudlatul Hasanah juga melaksanakan acara bertajuk Aneka Ria Nusantara yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan khutbatul arsy dan merupakan suatu kegiatan rutinitas setiap tahunnya yang diadakan usai apel tahunan. Kegiatan ini dilaksanakan malam hari pada tanggal 8 Agustus 2017 digedung serba guna yang dibuka oleh kepala bidang pengasuhan Ust. Hamid Adam, SE. Kegiatan ini mendukung santri/wati untuk saling mengenal adat & istiadat sesama masyarakat Indonesia guna menumbuhkan rasa cinta para santri/wati pada negara Indonesia sebagai bangsa Indonesia . Dalam acara Aneka Ria Nusantara yang berbentuk demontrasi bahasa yang mana para santri/wati mengenakan pakaian adat & berbicara dalam bahasa yang sesuai dengan pakaian yang mereka gunakan, seperti pada acara aneka ria nusantara milik santriwati malam ini, mereka menampilkan 6 santriwati diatas pentas dengan menggunakan bahasa diantaranya bahasa Melayu, Jawa, Padang, Karo, Inggris, dan Bahasa Arab lengkap dengan menggunakan pakaian adat masing-masing.

Babak Final Shalawat Akbar antar Rayon di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah.

Sholawat antar Asrama di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah

Raudlah, perlombaan shalawat antar asrama merupakan salah satu dari rentetan acara dalam Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy (11/07). Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Ust.Solihin Adin.S.Ag dan dihadiri oleh seluruh santriwati dari kelas 1-5 KMI beserta segenap ustadzah yang tinggal di komplek pesantren. Babak Final perlombaan yang dipanitiai oleh Bagian Pengajaran ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna selepas Sholat Isya tepat. Sebelum sampai ke babak final, peserta harus melewati seleksi yang diadakan pada Rabu,8 Juli lalu. Dan asrama yang berhasil melewati seleksi tersebut berhak untuk masuk ke babak final dan menampilkan performanya di Gedung serbaguna.Berikut adalah asrama-asrama yang lolos ke babak final :

Pengumuman Hasil Seleksi Pertama Eagle Club.

Suasana Seleksi Pertama Ujian Masuk Eangle Club di Masjid Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah.

Suasana Seleksi Pertama Ujian Masuk Eangle Club di Masjid Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah.

Raudhah, Eangle club (English is A Good Language) adalah salah satu ekstrakurikuler dalam bidang bahasa di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah. Klub bahasa ini membuka pendaftaran untuk santri/wati kelas 4,3Intensif dan 5 KMI yang berminat untuk bergabung dalam klub ini sepekan terakhir. Dan menyelenggarakan seleksi pertama ujian masuk Eagle Club pada Jum'at(28/07) lalu. Dan hasil dari seleksi tersebut telah diumumkan oleh Bagian Bahasa Organisasi Pelajar Ar-Raudhatul Hasanah yang mengkoordinir kegiatan ini dengan pengumuman tertulis yang ditempel di tempat-tempat yang strategis di area Pesantren(29/07).

Santri/wati Pengajar Sore Mendapatkan Arahan Cara Mengajar Dengan Baik

Para calon pengajar sedang menyimak arahan yang disampaikan

Para calon pengajar sedang menyimak arahan yang disampaikan

Raudlah. Meski pelajaran sore belum berjalan dengan formal setelah liburan akhir tahun sekaligus bulan puasa dipesantren, tetapi para guru-guru yang bertugas di KMI (Kuliyyatul Mua’allimin Alislamiyah) telah membagi nama-nama santri akhir yang terpilih menjadi pengajar pada jam kedelapan bagi kelas satu dan kelas dua, setelah itu pada hari ini para guru-guru KMI juga telah memberikan arahan kepada calon pengajar  di gedung multimedia dan juga mesjid bagi pengajar reading dan fiqh(25/07).

Kuliah Umum Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy Babak Pertama

Kuliah Umum Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy

Kuliah Umum Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy

Raudlah-Kuliah umum pekan perkenalan khutbatul arsy babak pertama telah berlangsung. Kuliah umum babak pertama ini diisi oleh ustadz Drs.H.Rasyidin Bina,MA dengan tema pesantren dan sejarah pesantren ar-raudlatul hasanah(24/7). “pesantren merupakan kata yang diawali dengan pe- dan diakhiri dengan –an sehingga menjadi kata pesantrian tetapi karena sering diucapkan menjadilah kata pesantren”ujar ust Rasyidin dalam pidatonya. Kata pesantren memiliki makna tempat berkumpulnya para santri bersama kiai ,guru dan tuan guru untuk menuntut ilmu agama islam. Pesantren ar-raudlatul hasanah merupakan buah hasil perbincangan muslim karo yang masuk islam dengan ustadz usman husni(alumni gontor) dalam sebuah pengajian. Kata raudlatul yang artinya taman dan hasanah yang artinya bahagia/aman. Sehingga makna kata raudlatul hasanah ialah taman bahagia.Ed fat

Santri/wati Unjuk Gigi Dalam Apel Tahunan

penampilan silat yang memukau

penampilan silat yang memukau

Raudlah. Penampilan berbagi atraksi dalam apel tahunan menghiasi acara ini , hal ini terlihat melalui respon para hadirin, ketika menyaksikan atraksi-atraksi yang ditampilkan didepan mata seluruh santri/wati dan tamu undangan seperti silat, karate, klub bola, PANCER(Persatuan Senam Lantai Raudlah) dll. Berbagai atraksi ditampilkan  ditengah-tengah lapangan hijau yang mana santri dan santri wati menjadi bintang dalam atraksi-atraksi, yang sebelumnya telah dilatih oleh masing-masing pembimbing mereka (24/07).