Pendaftaran Calon santri/wati 2016

Pendaftaran Calon santri/wati 2016

Pendaftaran Calon santri/wati 2016, Syarat - Syarat Pendaftaran, Prosedur Pendaftaran, Materi Ujian, Materi Ujian, Materi Ujian, Catatan : More »

Gedung Belajar Putra Al Azhar

Gedung Belajar Putra Al Azhar

Merupakan bagunan yang baru di bangun pada awal 2014, menghabiskan dana berkisar 6m More »

Seleksi Wilayah Musabaqah Hifdzil Quran Syaikh Hamad Ibn Khalid Al Tsani Qatar di Adakan di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (Medan)

Seleksi Wilayah Musabaqah Hifdzil Quran Syaikh Hamad Ibn Khalid Al Tsani Qatar di Adakan di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (Medan)

Adapun informasi lebih jelas dan lengkapnya dapat dibaca pada pada postingan ini, atau bisa download buku petunjuk(pdf), download contoh daftar riwayat hidup (word), download formulir pendaftaran (word), dan atau bisa menghubungi kontak person yang terdaftar pada link website Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. More »

Gedung Serba Guna Pon. Pes. Ar Raudlatul Hasanah

Gedung Serba Guna Pon. Pes. Ar Raudlatul Hasanah

Gedung serba guna/ gedung olah raga pesantren arraudlatul hasanah ini, adalah gedung yang berfungsi untuk berbagai kegiatan santri dan santriwati pesantren More »

H-1 Resepsi Khataman ke-25 Angkatan 2016 PersiapanSemakin Matang.

H-1 Resepsi Khataman ke-25 Angkatan 2016 PersiapanSemakin Matang.

H-1 Resepsi Khataman ke-25 Angkatan 2016 PersiapanSemakin Matang. More »

 

Category Archives: Kegiatan Santri/wati dan Pesantren

Sambutan Direktur Dalam Pembukaan Kegiatan Amaliyah Tadris; Santri/wati RH Jangan Pernah Berhenti Belajar & Mengajar

Sambutan Drs. KH. Rasyidin Bina, MA Pada Pembukaan Amaliyah Tadris Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan Sambutan Drs. KH. Rasyidin Bina, MA Pada Pembukaan Amaliyah Tadris Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Medan. Sumatera Utara

Raudlah. Pembukaan dan pengarahan serta evaluasi “amaliyah tadris” dimulai sejak pukul 07.30wib dibuka langsung  oleh  Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Drs. KH. Rasyidin Bina, MA  dihadiri 53 orang ustad dan 35 ustadzah, dengan peserta santri 213 orang santriwati 228 orang, seluruhnya berjumlah 441 orang. Dibuka di Gedung Serba Guna Pesantren. Rabu, 1/2/17

Berikut Petikan Sambutan Pengarahan Drs. KH. Rasyidin Bina, MA dalam upacara pembukaan kegiatan Amaliyah Tadris. Rabu, 1 Februari 2017:

Sambutan Drs. KH. Rasyidin Bina, MA Pada Pembukaan Kegiatan Amaliyah Tadris Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Sambutan Drs. KH. Rasyidin Bina, MA Pada Pembukaan Kegiatan Amaliyah Tadris Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

 

1) Kemampuan untuk belajar dan mengajar adalah hal yang patut untuk disyukuri.

2) Dari hadis  “shallu kama ra aitumuni ushalli” Rasul memberikan satu pelajaran penting dalam mengajar; lakukanlah dahulu untuk kemudian di contoh

3) Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah adalah kulliyatul muallimin al-islamiyah, tempat penyemaian guru-guru. Maka kegiatan amaliyah adalah penting.

4) Kalau ada istilah “never old to learn” maka mengajar pun mesti sampai tua, sampai kapan pun. Tidak hanya belajar yang tak mengenal usia.

5) Alhamdulillah guru-gurumu tetap istiqomah dalam mengajar meskipun ada beberapa selentingan kita tak lagi seperti dulu. Perubahan penilaian hanya perihal menunggu waktu dan melihat keistiqomahan mengajar guru-guru.

6) Berusahalah menjadi pelaku perdana dalam amaliyah tadris karena itu akan menjadi sejarah dalam hidupmu.

7) Ar-Raudlatul Hasanah selalu ingin mengintegrasikan kemampuan kognitif dan pedagogik sebagaimana acara ini. Pedagogiknya sudah kamu miliki di kelas-kelas, mulai hari inilah kognitif kamu diasah.

8) Guru berkualitas dalam definisi kita adalah mahir dalam teori dan praktek sehingga sampai saat ini kita terus menerapkan ujian berbentuk essay yang menggabungkan kemampuan menguasai materi sekaligus menerapkan kemampuan menjelaskannya.

9) Bisa jadi setiap orang menerima teori yang sama, tetapi tidak akan setiap yang menerima teori yang sama itu, sama juga nilai praktek dan aplikasinya.

10) Bahkan guru-guru pun, di sini, dengan mengoreksi dan mengevaluasi kamu sedang belajar melihat diri dan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman.

11) Apapun profesi kamu, kamu tetap harus menjadi guru di profesi kamu itu sendiri. Ingat, jika menuntut ilmu tidak ada batas itu juga berarti mengajarkan ilmu pun tidak mengenal batas usia.

12) Sadar, sabar, ikhtiar, belajar dan jangan ingkar!

*Notulensi: Radinal Mukhtar Harahap

Amaliyah Tadris; Santri/wati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Di Kader Mejadi Guru

Sambutan Drs. KH. Rasyidin Bina, MA Pada Pembukaan Amaliyah Tadris Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Medan. Sumatera Utara. Indonesia

Sambutan Drs. KH. Rasyidin Bina, MA Pada Pembukaan Amaliyah Tadris Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Medan. Sumatera Utara. Indonesia

Raudlah. “Tujuan diadakannya Amaliyah Tadris adalah sebagai pendidikan dan pengajaran baik bagi guru-guru terlebih bagi santri/wati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.  tutur Drs. KH. Rasyidin Bina,MA saat membuka acara Kegiatan Amaliyah Tadris di Gedung Serba Guna Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Rabu, 1/2/17.

Pra Amaliyah dimulai dengan satu pelajaran Muthola’ah, dengan judul: “al’ainu” untuk 16 orang. Adapun nama-nama santri/wati Pra Amaliyah Tadris; Putra: Muhammad Yusri 6B, Abdurrahman Rizky Lubis 6D, Karimudin 6F, Reza Pratama 6H, Muhammad Ichwanul Khatami Lubis 6J, M. Alfi Radama 6L, Fachri Alwi 6N, Rifqi Afif 6 P, dan Putri: Yunda Safitri 6C, Khairunnisa Panjaitan 6E, Indi Vira Fatmala 6G, Nabila Ivani Dauloay 6I, Hamidah Fadly Nst 6K, Wahyu Nur Ramadhani Munthe 6M, Raisa Zuhra Salsabila Awaluddin 6O, Elida Trisnaningtyas 6Q.

Kalender Kegiatan Amaliyah Tadris di mulai sejak hari: Ahad-Senin, 29-30 Januari 2017 (Pengarahan Materi Buku Amaliyah Tadris). Selasa, 31 Januari 2017 (Pra Amaliyah Tadris, Penertiban Gedung Serba Guna). Rabu, 1 Februari 2017 (Pembukaan Amaliah dan Pengarahan serta Evaluasi Amaliyah Tadris). Kamis, 2 Februari 2017 (Pengarahan dan Evaluasi Amaliyah Tadris) Jum’at 3 Februari 2017 (Penertiban Ruangan Perdana Amaliyah Tadris). Sabtu-Ahad, 4-5 Februari 2017 (Amaliyah Perdana untuk 4 kelompok). Adapun ruangan yang akan digunakan untuk Amaliyah Tadris Perdana adalah: Multimedia (Reading) 4 kelompok sebanyak 47 orang, GOR (Muthola’ah) 10 kelompok 117 orang, Azhar Lt.2 (Muthola’ah) 4 kelompok 48 orang, Rabiyah Baru Lt.1 (Muthola’ah) 4 kelompok 48 orang, Medjid Lt.2 (Muthala’ah) 10 kelompok 120 orang, dan Musholla Tukang (Reading) 5 Kelompok 60 orang. Senin-kamis, 6-23 Februari 2017 (Pelaksanaan Amaliyah Tadris di Kelas-kelas yang telah ditentukan) Jadwal Terlampir. ed. Irhas el fata

Pembagian Raport dan Penetapan SK Beasiswa; Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Optimis Bisa Lebih Baik

Sambutan Direktur dalam Rangka Pembagian Raport dan Penetapan SK Beasiswa Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar-Raudlatul Hasanah

Sambutan Direktur Dalam Rangka Pembagian Raport Dan Penetapan SK Beasiswa Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar-Raudlatul Hasanah Tahun Ajaran 2016-2017

Raudlah. Perdana memasuki kelas setelah pergantian OPRH & GUDEP diawali dengan pembagian Raport. Diawali dengan pengarahan bapak Direktur di Mesjid Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, penyerahan SK Beasiswa hingga dilanjutkan dengan pembagian raport oleh wali kelas di kelasnya masing-masing. Sabtu, 28/1/17

Direktur Memberikan SK Beasiswa Kepada Santriwati Berprestasi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Direktur Memberikan SK Beasiswa Kepada Santriwati Berprestasi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Tujuan diadakan pembagian raport dan reward beasiswa ini dalam rangka mengingkatkan mutu dan motivasi belajar santri dan santriwati Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar-Raudlatul hasanah. Berdasarkan surat keputusan Direktur Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar-Raudlatul Hasanah Nomor: 265/DIR/F.I/2017 tentang penetapan penerima beasiswa bagi santri/wati yang berprestasi pada ujian Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016-2017 berjumlah 21 orang dengan perincian terlampir.

Direktur Memberikan SK Beasiswa Kepada Santri Berprestasi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Direktur Memberikan SK Beasiswa Kepada Santri Berprestasi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Adapun bagi mereka yang belum berkesempatan meraih beasiswa akan diberikan bingkisan buku dan sertifikat nominasi nilai terbaik di kelasnya masing-masing, dengan perincian: Untuk Tsanawiah, 3 nilai tertinggi dari setiap kelas akan mendapatkan bingkisan dari kantor Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Untuk Aliyah, 2 nilai tertinggi dari setiap kelas akan mendapatkan bingkisan dari kantor Aliyah (MA), bingkisan tersebut langsung diberikan oleh wali kelas kepada anak yang bersangkutan.

LPJ Organisasi II Pesantren; GUDEP 06-195 & 06-196 Siap Laporkan

suasana lpj pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Suasana Laporan Pertanggungjawaban Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Medan – Sumatera Utara – Indonesia

Raudlah. Patah Tumbuh Hilang Berganti, Sebelum Patah Sudah Tumbuh, Sebelum Tumbuh Sudah Berganti. Setelah pergantian OPRH lama ke OPRH baru, kini tiba masanya laporan pertanggungjawaban (LPJ) Gugus Depan 06-195 & 06-196 di bacakan dan diserahkan kembali ke bapak Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. 25/1/17

Rabu pagi, 25 Januari 2017 turut mengagendakan acara : Pembukaan LPJ Gugus Depan 0195-0196, laporan pertanggungjawaban  pembina ankumaba, ankuperkap, ankukedap, ankulat dan esoknya Kamis pagi, 26 Januari 2017 mengagendakan: LPJ ankukuang, ankuset, ketua koordinator, serah terima amanat, pelantikan pengurus baru, perpindahan tempat, sambutan ketua koordinator lama, sambutan ketua koordinator baru, dan nasehat serta harapan bapak Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah kepada calon pengurus baru.

Sambutan Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah KH. Drs. Rasyidin Bina, MA dalam Pembukaan LPJ GUDEP 06-196 Putri

Sambutan Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah KH. Drs. Rasyidin Bina, MA dalam Pembukaan LPJ GUDEP 06-196 Putri

Nasehat Bapak Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah KH. Drs. Rasyidin Bina, MA dalam sambutannya di LPJ GUDEP Putri adalah: “Harus menumbuhkan feeling seni yang proporsional. Sebab intinya dari LPJ ini adalah belajar, yang membacakannya belajar, yang mendengarkan juga belajar, agar belajar itu sampai; maka harus di perhatikan; agar bisa di perhatikan, maka harus bisa fokus penuh.”

Calon Pengurus Baru GUDEP 06-196 Ar-Raudlatul Hasanah, Medan.

Calon Pengurus Baru GUDEP 06-196 Ar-Raudlatul Hasanah, Medan.

Dalam Menejement organisasi harus mengenal “planing” (perencanaan) menyusun proker, “organising” (diatur dalam bentuk bagian-bagian yang berbeda), “actuating” (untuk di kerjakan), selanjutnya ada namanya “evaluating” (evaluasi hasil kerja) yaitu melaporkan program kerja yang telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, dan kemudian dinilai dan ditimbang ulang kelayakan laporannya, apakah laporannya diterima tanpa syarat atau di terima bersyarat ataupun di tolak. Karena tujuan dari pada evaluasi ini adalah agar supaya pengurus yang baru dapat menjadi lebih baik dari pada pengurus yang lama.

“Agama kita mengajarkan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, agar kita beruntung, maka Raudlah Harus beruntung, harus lebih baik dari hari kemarin.” tutur beliau tegas mengisi pembukaan awal acara. ed. Irhas.

Kobaran Sambutan KH. Drs. Rasyidin Bina, MA Dalam LPJ OPRH; Membakar Semangat Santri

Sambutan dan Pembukaan Acara Laporan Pertanggungjawaban OPRH oleh KH. Drs. Rasyidin Bina, MA

Sambutan dan Pembukaan Acara Laporan Pertanggungjawaban OPRH oleh KH. Drs. Rasyidin Bina, MA

Raudlah. Sambutan KH. Drs. Rasyidin Bina, MA dalam acara laporan pertanggungjawaban Organisasi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah (OPRH) membakar semangat santri, tampak jelas raut keseriusan anak-anak mencatat arahan dan baris-baris pesantren direktur dalam sambutannya. Sabtu, 21/01/ 2017.

Sambutan dan Pembukaan Acara Laporan Pertanggungjawaban OPRH Ar-Raudlatul Hasanah oleh KH. Drs. Rasyidin Bina, MA

Sambutan dan Pembukaan Acara Laporan Pertanggungjawaban OPRH Ar-Raudlatul Hasanah oleh KH. Drs. Rasyidin Bina, MA

Berikut poin-poin dari sambutan beliau yang berhasil disarikan:

  • LPJ adalah pelajaran yang tidak diajarkan di kelas tetapi sangat penting dalam kehidupan kita. Meskipun hanya sekali setahun, acara ini wajib diikuti oleh setiap warga OPRH.
  • Acara kalau kita tahu itu penting, ikutilah dengan seksama, ikhlas dan menyeluruh, agar menjadi pembelajaran di tahun-tahun berikutnya.
  • Ilmu yang bermanfaat itu adalah ilmu yang dapat membawa kita menjadi lebih baik, karena itu harus saling mengingatkan dan merencanakan serta mau diawasi.
  • Acara penting dalam pesantren harus dilaksanakan serius, terencana dan tidak main-main.
  • Ketika kita bergerak dan berbuat, keruasakan atau kekurangan itu pasti ada, tetapi harus diminimalisir yang negatif dan maksimalkan yang positif
  • Mari kita berbuat karena kalau hanya ngomong sana ngomong sini, nonsense
  • Pemilihan anak-anak kami sebagai pengurus adalah usaha memberdayakan. Karena pesantren selalu focus pada pemberdayaan. Termasuk dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah kita nantinya, tujuannya juga adalah pemberdayaan. ed. Radinal

Laporan Pertanggungjawaban OPRH; Raudlah Mendidik Pemimpin Amanat Untuk Masa Depan

Menyerahkan Kembali LPJ Kepada Bapak Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Menyerahkan Kembali LPJ OPRH Kepada Bapak Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Warga OPRH Putra menyanyikan Lagu Hymne Oh Pondokku dan Mars Ar-Raudlatul Hasanah

Warga OPRH Putra menyanyikan Lagu Hymne Oh Pondokku dan Mars Ar-Raudlatul Hasanah

Raudlah. Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Organisasi Pelajar Ar-Raudlatul Hasanah (OPRH) berjalan lancar. Di adakan di dua Lokasi; Putra di Gedung Serbaga guna, dan putri di depan gedung Rabiyah Baru. Berlangsung selama 4 hari sejak sabtu, 21 Januari 2017 hingga Selasa, 24 Januari 2017, dihadiri oleh segenap warga OPRH dan GUPED serta seluruh guru-guru pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Sabtu, 21/01/17.

Sambutan Ust. Solihin Addin pada acara LPJ OPRH (Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah )

Sambutan Ust. Solihin Addin pada acara LPJ OPRH (Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah )

Adapun timing acara secara singkatnya adalah: Sabtu, 21 Januari 2017 (pagi): Pembacaan LPJ bagian air dan listrik, kesehatan, perpustakaan, kesenian. Malamnya: Pembacaan LPJ bagian social, tata lingkungan, olahraga. Ahad, 22 Januari 2017 (pagi): Pembacaan LPJ bagian logistik, penerimaan tamu, studio fhoto, loundry, warung pelajar, toko pelajar. Malamnya: pembacaan LPJ penerangan, bahasa. Senin, 23 Januari 2017 (pagi): Pembacaan LPKJ bagian ta’mir masjid, pengajaran, keamanan pusat, bendahara, sekretaris dan di hari akhir Selasa,24 Januari 2017 (pagi): Diisi dengan laporan pertanggungjawaban pimpinan pusat OPRH, serah terima amanat, pelantikan pengurus baru, perpindahan tempat, sambutan pimpinan pusat OPRH lama, sambutan pimpinan pusat OPRH baru, nasehat serta harapan bapak Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah sekaligus menutup acara tersebut dengan do’a. ed. Irhas

Pembukaan Tahun Ajaran Baru di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah; Kalian Adalah Harta Karun.

Pembukaan Tahun Ajaran Baru 2017 Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Pembukaan Semester Genap Tahun Ajaran 2016-2017 Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Raudlah. Dalam setiap pergerakan selalu ada kata ‘mulai atau permulaan’, maka demi berjalannya proses belajar mengajar yang Insya Allah berkah, dipenuhi rahmat Allah, maka kita buka tahun Ajaran Baru kita di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah dengan sama-sama melafadzkan niat, “Nawaitutta’alluma fi Ma’hadirraudhatil Hasanati kaaffatan Lillahi ta’ala” (sengaja saya berniat belajar, menuntut ilmu di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah secara totalitas lillahi ta’ala). Di awali dengan niat lurus berharap bahtera pesantren dapat berlabuh kembali menyusuri lautan ilmu dan pendidikan. Ahad, 15/01/17.

Disamping itu Direktur juga berpesan bahwa harus pintar-pintarlah bergaul dan berinteraksi kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Berhubung saat ini sedang belajar di pondok maka harus dipraktekkan. Salah satu caranya harus memperhatikan artikulasi dalam berbicara, harus mengetahui kapan nada suara tinggi, rendah, dan kapan harus datar, sebab berbeda artikulasi ucapan, maka bisa menyebabkan berbeda arti yang dimaksudkan.

Sebenarnya kita semua hebat, tinggal bagaimana memberdayakan potensi-potensi yang ada, dan bagaimana mengembangkan kualitas anak-anak kami yang luar biasa ini sehingga menjadi asset dakwah Islamiyah kedepannya; inilah tugas kami sebagai guru-guru untuk ikhlas mendidik kalian semua. Ingat anak-anakku sekalian: “Harta karun sebenarnya adalah otak kita, dari setiap otak inilah bisa membuat harta karunnya sendiri, dan inilah yang harus di berdayakan.” Tegas beliau berorasi dari mimbar masjid Jami’ Pondok Pesantren Ar-Rarudlatul Hasanah tersebut. ed. Irhas

Ujian Umum Semester Ganjil; Awal Estafet Ujian Kelas VI KMI Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Ujian Umum Semester Genap Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar-Raudlatul Hasanah

Ujian Umum Semester Ganjil Pesantren Tarbiyah Islamiyah Ar-Raudlatul Hasanah

Raudlah, “Ujian untuk belajar bukan belajar untuk ujian. Sebuah semboyan nilai yang tak henti di nasehatkan Kepala bidang pendidikan” Ust. Carles Ginting ketika membuka awal ujian Umum Semester Ganjil di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Medan. Sabtu, 3/12.

Ujian Umum Semester Ganjil Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Suasana Ujian Umum Semester Ganjil Santri/wati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Ujian umum semester ganjil tersebut di ikuti oleh 440 santri/wati, terbagi menjadi 212 putra, 228 putri, bertempat di Gedung Serba Guna, ujian singkat 4 hari tersebut diadakan dengan jadwal ujian tersusun sebagai berikut: Sabtu, 3 Desember 2016: (IPA: Bahasa Indonesia, Fisika), (IPS: Bahasa Indonesia, Sosiologi). Ahad, 4 Desember 2016: (IPA: Matematika), (IPS: Matematika, Geografi). Senin, 5 Desember 2016 (IPA: Bahasa Inggris, Kimia), (IPS: Bahasa Inggris, PPKN). Selasa, 6 Desember 2016: (IPA: Biologi), (IPS: Ekonomi tercakup di dalamnya soal Akuntansi).

“Ujian di Pesantren ini sebagai wadah untuk menyadarkan anak didik bahwa ujian bukan untuk di takuti namun itu bagian dari penyemangat proses Kegiatan Belajar Mengajar, sebab ujian di pesantren selalu di lambangkan sebagai puncaknya belajar”. Tutup ust. Muhammad Ilyas; Kepala Sekolah Aliyah. ed. Irhas

Gebyar Muharram Dan HUT Ke-35 Ar-Raudlatul Hasanah Memukau

Upacara Peringatan 1 Muharram di RH

Upacara Peringatan 1 Muharram di RH

       Kegiatan acara ini dimulai pada hari Selasa dan rabu (27-28/9) dengan pelaksanaan beberapa perlombaan antara lain; bola voli, kasti, dan senam. Pada hari Kamis (29/9) kegiatan dilanjutkan dengan Khataman Al-Quran yang diikuti oleh seluruh santri dan guru di masjid Pesantren dimulai pukul 14.00 wib sampai dengan 16.30 wib. Pada Jum’at pagi (30/9) dari pukul 09.00 wib sampai dengan 11.30 wib kembali digelar perlombaan-perlombaan meliputi atas; penulisan opini, puisi, musik kreatif, kaligrafi, scrabble, Ma Ra’yuka (penyampaian pendapat terhadap suatu masalah dalam bahasa Arab), Islamic Fashion Show.

Santri-Santriwati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah pada Saat Haflah Tilawah di Mesjid

Santri-Santriwati Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah pada Saat Haflah Tilawah di Mesjid

       Pada Ahad dini hari (2/10) seluruh santri dan santriwati dan guru melaksanakan shalat tahajjud berjamaah di masjid mulai pukul 03.30 wib, bertindak selaku imam Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Al-Ustadz H. Solihin Adin, S.Ag, dan dilanjutkan dengan penyampaian taushiah berkaitan dengan peringatan tahun baru hijiriyah oleh Al-Ustadz H. Qosim Nursheha, Lc., M.Ud hingga menjelang waktu shalat Subuh.

Pelepasan Lomba Gerak Jalan 1 Muharram 1438 oleh Bapak. Ir. Ahmad Prana Rulianto Tarigan

Pelepasan Lomba Gerak Jalan 1 Muharram 1438 oleh Bapak. Ir. Ahmad Prana Rulianto Tarigan

      Pada pukul 06.30 wib seluruh santri berkumpul di depan gedung serbaguna dan santriwati di depan gedung Rabi’ah Adawiyah diikuti oleh seluruh guru, walikelas dan staff guna melaksanakan upacara dan pelepasan parade barisan tiap-tiap kelas. Pimpinan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Ir. H. Ahmad Prana Rulianto Tarigan dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh santri agar dapat mensyukuri perkembangan Pesantren dengan meningkatkan ibadah, semangat belajar dan prestasi di segala bidang karena dengan demikianlah kita dapat menjawab tantangan zaman dan memakmurkan bumi Allah Swt. Lebih lanjut ia berpesan kepada seluruh santri agar mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan umum yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober2016 sampai dengan 8 November 2016.

       Seluruh santri dan santriwati mengikuti parade barisan didampingi walikelas melalui rute sekitar Pesantren. Parade barisan ini mendapatkan penilaian dari para juri guru di pos-pos yang telah ditentukan. Seusai parade barisan seluruh santri dan santriwati beserta walikelas menyantap sarapan pagi bersama di ruang makan. Kehadiran walikelas mendapatkan sambutan yang hangat dari seluruh santri dan menambah keakraban diantara mereka.

Pembagian Hadiah Perlombaan 1 Muharram 1438 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Pembagian Hadiah Perlombaan 1 Muharram 1438 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

     Seusai shalat Maghrib berjama’ah di mesjid, dilaksanakan Haflah Tilawatil Qur’an, menampilkan 3 orang Qori’ tingkat Nasional, dari Golongan anak-anak: Abdi Nugroho, golongan remaja: Novandra, golongan dewasa: H.M. Kasad Lubis, yang membacakan beberapa ayat Al-Qur’an diselingi dengan penampilan shalawat oleh grup Penghafal Al-Qur’an santri Ar-Raudlatul Hasanah. Seusai shalat Isya acara dilanjutkan dengan ceramah umum yang disampaikan oleh Dr. H. Azhar Sitompul, MA dan diakhiri dengan pemberian hadiah bagi para pemenang perlombaan, dan penyerahan hasil sumbangan santri, guru, dan tamu untuk Suriah.

Tujuan Kegiatan:

  1. Memperingati peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw dari Makkah ke Madinah sebagai momentum dan tonggak kebangkitan Islam dan menjadi spirit dalam menjalani kehidupan.
  2. Memperingati hari jadi Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang ke-35 (18 Oktober 1982-2016) sekaligus evaluasi atas ketercapaian pelaksanaan program dan prestasi dan dalam rangka menyatukan derap langkah menuju Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang lebih maju. Id. U.Habibie

Acara Panggung Gembira 626, Terbaik yang Pernah Diadakan di GOR.

Panggung Gembira Putra Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Panggung Gembira Putra Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

       Penampilan Maha Karya Akbar Panggung Gembira kelas enam di seleggarakan dalam waktu 2 malam, mendapatkan hasil predikat “MUMTAZ” bagi putra dan putri. Rabu malam, 21/09 penampilan putri mendapatkan hasil rata-rata akhir penilaian 7,8 dan kamis malam, 22/09 Penampilan putra mendapatkan hasil rata-rata akhir penilaian 8,5. Merupakan acara yang dibimbing oleh 23 orang musrif/ah diketuai oleh: ust. Muhammad Ilyas, M.Si dan Ust. Muhammad Mugni Siregar, Lc sedangkan ketua angkatan putra kelas 6 adalah: Reza Prayogo, Nur Bagus dan Yusro Ilham. Sedangkan ketua angkatan kelas 6 putri adalah: Innessya Maghfirah Munthe, Yulya Afnidar, dan Khairunnisa Panjaitan. Mengangkat tema: “Ha Nahnu DzA; Together to be Better” dengan yel-yel semboyan “Nahnu Fityaanun nathlubul ‘ula, Nata’aawanu Fi Nailil muna, wa Naquuluu liddunya, Haa Nahnu Dzaa, Together To Be Better”. Rabu-kamis. 21-22/09.

PG 626 Raudlah .... Sukses

PG 626 Raudlah …. Sukses

Pembukaan Panggung Gembira Ha Nahnu Dza

Pembukaan Panggung Gembira Ha Nahnu Dza

       Acara Maha karya tersebut di buka oleh Drs. KH. Rasyidin Bina, MA, dengan meletuskan balon dan menerbangkan balon yang bertuliskan “Ha Nahnu Za” & “Together to be Better” dari bait sambutan beliau yang masih terngiang, bahwa beliau berpesan “Panggung Gembira, adalah bagian dari acara khutbatul ‘Arsy, bahkan merupakan puncak berakhirnya pekan perkenalan santri/wati Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, bertujuan agar tertanam di benak adik-adikan kelasnya ingin mencontoh mereka, sehingga mereka berhasil sampai hingga kelas 6 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Selain dari pada itu, apa yang akan kita saksikan ini adalah penampilan seni yang diramu oleh santri/wati, terlepas dari plus dan minus, tapi inilah hasil dari latihan mereka kurang lebih 2 bulan ini. Maka anggaplah mereka di depan ini, masih belajar, tidak lepas dari wujud anak-anak kita yang berusaha menghibur orang tuanya, anak-anak kita yang berusaha menghibur tamu undangan yang hadir, sedaya upaya, serta semampu dan sebaik yang dapat mereka tampilkan, itulah yang mereka usahakan. Jauh dari pada itu mereka juga masih membutuhkan uluran tangan perhatian dari kita semua. Jadi mari kita saksikan dengan hikmat acara tersebut. Jika bagus; alhamdulillah, kita syukuri. Jika ada kekurangannya ya kita perbaiki, dan semoga dapat disempurnakan nantinya, kepada generasi setelahnya. “Raudlah…….!” Sukses!” berikut sambut kyai mengawali acara Panggung Gembira 626 di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah ini.

Bioskop PG 626 Raudlah

Bioskop PG 626 Raudlah

       Dengan mengangkat tema: “Together to be better”, santri/wati kelas 6 berhasil menampilkan penampilan yang totalitas, energik dan syahdu. Diantara penampilan putrinya adalah: Nasyid, Grand Opening, Tari Tarek Pukat, Talk Show, Puisi, El-Ghina, Saman Dance, Drama Sumayyah, Thousand Hands Dance, Funky Pupils Choir, Syair Abu Nawwas & Shalawat, Shadow Theather, Trick or Treat, Drama Kabaret, Laser Girl, Volksong, Video (Good Luck), Video (Ekspektasi & Realita), Video (BUMP), Video (Perbedaan Market), Video (At-ta’awwun). Sedangkan penampilan putranya adalah: Nasyid, Grand Opening, Tari Kecak Reog, Tomiction Revolution, Musikalisasi Puisi, Shalawat dan Hubbu Syam, Acoustic Motivation, Drama Perjuangan, Melayu Batak Show, Extreme Magic, Cool & Stocker Comando Variation, Kabaret, Dragon Fighters, Big Band (KUN ANTA), Super Mega Dance, Big Band (Together), Volksong, Video (Ekspektasi & Realita), Video (Tau Gak Sih), Video (Ucapan Selamat), dan Video (Perumpamaan Ilmu). Id. Irhas

Musyrif PG 626 Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Musyrif PG 626 Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah